gerakan stabilisasi pangan

2018, BULOG Akan Serap Beras Komersial 700.000 ton

Posted on

Pada 2018 mendatang, Perum BULOG akan terus menggenjot bisnis beras komersialnya. Tahun depan, BULOG menargetkan akan mampu menyerap beras komersial sebanyak 700.000 ton.

Direktur BULOG, Tri Wahyudi Saleh mengatakan Hingga saat ini beras komersial BULOG masih kurang dari 100.000 ton.

Dia bilang, BULOG berharap penyerapan beras akan meningkat pesat di tahun mendatang lantaran banyaknya permintaan di pasar umum atas beras premium.

“Target 700.000 ton tersebut adalah target komersial BULOG untuk pasaran Umum, RPK, dan Juga Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) apabila BULOG ditugaskan untuk memenuhi komoditas yang dibutuhkan,” ujar Tri.

Tri mengatakan, karena beras komersial ini merupakan bisnis BULOG, maka harga pokok pembeliannya disesuaikan dengan harga pasar.

Dia pun menyampaikan bahwa BULOG menyerap beras dari berbagai wilayah di Indonesia. Dia mengakui, saat ini penyerapan beras BULOG hanya sekitar 2.000-3.000 ton per hari.

Rendahnya serapan ini karena sedang masa tanam padi. Saat masa panen, serapan BULOG dapat mencapai lebih dari 5.000 ton per hari.

Tri pun optimistis target penyerapan beras komersial ini dapat tercapai. “Apabila tidak ada gangguan produksi dan cuaca mendukung, semoga target tersebut dapat dicapai. Apalagi dengan adanya kerjasama dengan Aprindo dan Asparindo kami harus pastikan pasokannya,” jelas Tri.

BULOG bersama Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) dan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) baru saja melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam hal menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga.

Sumber berita : http://industri.kontan.co.id/news/2018-bulog-akan-serap-beras-komersial-700000-ton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *