bulog bri

Beli Beras Hingga Gula, BULOG Dapat Pinjaman dari BRI Rp 29 T

Posted on

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan kredit modal kerja untuk Perum BULOG senilai Rp 29 triliun. Penyaluran kredit yang tertuang dalam perjanjian kerja sama ini berjangka waktu satu tahun.

Wakil Direktur Utama Bank BRI, Sunarso, mengatakan kerja sama tersebut merupakan bagian dari implementasi sinergi BUMN, sekaligus sebagai bentuk dukungan Bank BRI kepada BULOG dalam menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga pangan.

“BRI berkomitmen untuk menyukseskan program-program Pemerintah, terutama di sektor pangan. Sektor pangan merupakan sektor yang strategis dan menjadi perhatian pemerintah, oleh karena itu Bank BRI siap untuk mendukung setiap kebijakan untuk terwujudnya swasembada dan ketahanan pangan di Indonesia,” ungkap Sunarso dalam penandatangan perjanjian kerja sama dengan BULOG hari ini, (26/05/2017), di kantor pusat BULOG, Jakarta Selatan.

Dari total kredit Rp 29 triliun, sebanyak Rp 21 triliun dipakai untuk pengadaan beras, baik beras komersil maupun beras sejahtera (beras untuk masyarakat miskin). Sebelumnya BULOG menargetkan penyediaan 3,2 juta ton beras sejahtera (rastra) untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok di Indonesia.

Sementara Rp 8 triliun sisanya akan digunakan untuk pengadaan komoditas non beras. Direktur Utama BULOG, Djarot Kusumayakti, mengapresiasi kepercayaan BRI kepada BULOG melalui kerja sama ini.

BULOG berjanji melunasi kredit yang diberikan BRI tepat waktu. Jangka waktu pelunasan kredit dalam waktu 1 tahun, hingga 31 Desember 2017.

“Rencana penggunaan jelas untuk transaksi BULOG ya. Kita semua tahu BULOG ada kegiatan pengadaan seperti beras, jagung, daging, bawang merah, putih, gula. Kita akan pakai untuk itu. Kemudian akan ada yang dipisahkan antara yang PSO dan ada yang dipakai untuk komersial,” terang Djarot.

Sumber berita : Detik Finance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *