kartu sejahtera bpnt bulog

BULOG Beberkan Fakta Mengejutkan Pembagian BPNT

Posted on

Pembagian bantuan pangan non tunai (BPNT) yang dijalankan pemerintah di 2017 sempat tersendat pada tiga bulan pertama. Padahal Perum Badan Urusan Logistik (BULOG) telah menyiapkan komoditas yang akan dibagikan kepada warga miskin.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Komersial Perum BULOG, Febriyanto. Dia mengatakan, penyaluran BPNT di seluruh Indonesia, termasuk Kota Padang masih di bawah angka 20 persen.

Kendala itu disebabkan pada tiga bulan pertama 2017 terjadi kendala dalam penyaluran BPNT. Padahal, BULOG sendiri, telah menyediakan komoditas yang akan diambil masyarakat.

Tersendatnya penyaluran itu sebut Febriyanto, mulai dari permasalahan data penerima hingga kesiapan sarana dari pihak bank sebagai mitra penyaluran.

“Sifatnya BULOG hanya menyediakan komoditi beras, minyak goreng, dan gula pasir. Dan itu, sudah siap untuk kebutuhan 6 bulan. Tapi, yang terserap masih di bawah 20 persen,” katanya seperti yang dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos Group).

Baca juga : BPNT di Tengah Pusaran Mafia Pangan

Febryanto mengatakan, BPNT merupakan transformasi rastra yang digagas Kementerian Sosial (Kemensos). BPNT ini mulai diluncurkan pada Februari 2017 lalu dan terbatas untuk 45 kota dan 6 kabupaten di seluruh Indonesia.

Pada mekanisme pencairan BPNT, masyarakat penerima manfaat mendapat transfer uang senilai Rp 110 ribu, masuk dalam kartu yang difasilitasi oleh bank mitra.

“Nah, uang itu dapat ditukarkan dengan bahan pangan. Seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan tepung terigu melalui toko yang telah bekerja sama dengan BULOG,” bebernya.

Adapun realisasi penyaluran rastra khusus untuk Sumbar pada semeseter pertama sudah mencapai 19.934 ton. Jumlah itu setara dengan 50 persen dari total target tahun 2017. “Secara nasional, memang penyaluran agak telat karena beberapa hal saat triwulan 1,” kata Febriyanto.

Sumber berita

http://www.jawapos.com/read/2017/08/02/148149/bulog-beberkan-fakta-mengejutkan-pembagian-bantuan-pangan-non-tunai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *