BULOG : Kami Komitmen Jaga Ketersediaan dan Stabilisasi Harga Pangan

siti kuwati bulog

Di bulan Januari 2018, BPS mencatat harga rata-rata nasional GKP tingkat petani Rp5.415/kg, GKG tingkat penggilingan Rp6.099/kg dan beras medium di tingkat penggilingan Rp10.177/kg.

“Dengan rata-rata harga pasar yang saat ini berada diatas HPP, sebenarnya inilah momen untuk para petani menikmati harga yang baik. Sehingga BULOG tidak wajib menyerap gabah dan beras mereka, dan bukan berarti BULOG tidak mau menyerap gabah dan beras dalam negeri”, tegas Wati.

“Meskipun harga gabah di atas HPP, BULOG juga melakukan penyerapan dengan skema Komersial untuk memenuhi kebutuhan penjualan beras Komersial”, imbuhnya.

Penyerapan gabah/beras BULOG selama tahun 2017 sebanyak 2,16 juta ton setara beras. Untuk tahun 2018, hingga 20 Februari ini, BULOG telah melakukan penyerapan sebanyak 16.036 ton setara beras.

“Kami memiliki 1.400 lebih unit gudang yang tersebar di 26 Divisi Regional dan terletak di seluruh Indonesia dengan kapasitas simpan kurang lebih 4 juta ton, sehingga kami dapat menyerap sebanyak mungkin gabah/beras sepanjang kualitas dan harga sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, tambahnya.

“Pada sisi konsumen, BULOG menjaga ketersediaan pangan dan menjalankan fungsi stabilisasi harga pangan melalui pelaksanaan Operasi Pasar (OP) dengan harga maksimum sama dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang berlaku. Untuk jumlah OP yang telah dilakukan BULOG, sampai dengan tanggal 20 Februari 2018 kurang lebih sebanyak 216 ribu ton”, tutup Wati.

Sumber monitor.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*