bulog

BULOG Kejar Serapan Gabah 3,7 Ton Hingga Akhir 2017

Posted on

Perum BULOG menargetkan bisa menyerap gabah petani hingga 3,7 juta ton hingga akhir 2017. Direktur Pengembangan Bisnis BULOG, Imam Subowo, mengatakan hingga bulan April 2017, BULOG telah menyerap gabah sekitar 900 ribu ton.

Sedangkan saat ini BULOG mampu menyerap gabah hingga 23 ribu ton per harinya. Ia mengatakan ada sejumlah kendala dalam menyerap gabah milik petani, antara lain seperti harga Gabah Kering Panen (GKP) tinggi, dan kurangnya lahan gudang yang dimiliki BULOG.

“Permintaan masih tinggi, keterbatasan gudang jadi kepepet. Kami sudah sewa space gudang 257 ribu ton dan semua sudah penuh. Ini diharapkan bisa berkembang,” katanya di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Oleh sebab itu, Imam mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk dapat mencapai target di akhir tahun 2017 nanti. Yang pertama, ialah penyediaan anggaran yang cukup untuk mendukung target serapan. Kemudian meningkatkan peran dan fungsi saluran pengadaan.

Kemudian optimalisasi pengadaan gabah dengan mekanisme komersil. Selanjutnya pengadaan gabah menggunakan karung plastik non subsidi ukurang 50kg. Menambah gudang sewa, dan mendorong percepatan penyaluran beras sejahtera (rastra)

“Dengan strategi-strategi tersebut, kami optimistis akan mencapai target pengadaan gabah 3,7 juta ton hingga Desember,” tutur Imam.

Terima kasih telah membaca berita BULOG terkini. Berita kami sunting dari portal berita online salah satunya lewat artikel dari detik finance.

Jika artikel ini bermanfaat, mohon share dengan klik button sosial media Anda dibawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *