mitra-bumdes

BULOG Kerjasama Kopelindo Bentuk PT. Mitra BUMDes Nusantara

Posted on

Salah satu usaha untuk menciptakan kemandirian di setiap desa dapat ditempuh dengan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Wujud nyata Perum BULOG untuk mendukung kemandirian desa dengan membentuk anak perusahaan bernama PT Mitra BUMDes Nusantara yang bekerjasama dengan pihak Kopelindo.

PT Mitra BUMDes Nusantara ini akan menjadi induk perusahaan milik desa di seluruh Indonesia. Langkah ini merupakan kerjasama Kementerian BUMN dan Kementerian Desa dan PDTT.

Pembentukan PT Mitra BUMDes Nusantara juga merupakan semangat Perum BULOG dan Kopelindo untuk membangun ekonomi daerah pinggiran maupun desa. Hal ini sejalan dengan visi PT Mitra BUMDes Nusantara dalam mewujudkan pemberdayaan ekonomi pedesaan yang berkeadilan.

Menurut Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjojo, “Kita harapkan dengan adanya pendampingan ini setelah waktu berjalan masyarakat desa akan mampu mengelola desanya masing-masing. Mampu memberikan pendapatan bagi desanya. Mitra BUMDes yang sukses ini nanti kita minta untuk membimbing koperasi-koperasi di desa sehingga koperasi ini juga bisa jalan“.

Dibentuknya PT Mitra BUMDes Nusantara adalah dalam rangka mewujudkan pemberdayaan ekonomi pedesaan yang berkeadilan. Hal tersebut sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa-desa dalam kerangka negara kesatuan.

Hasil kerjasama antara Kemendes PDTT, Kementerian BUMN, dan lembaga terkait dalam pembentukan holding BUMDes tersebut, diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Model kemitraan BUMDes ini diharapkan dalam skala ekonomi Bank BUMN juga termasuk didalamnya, maka Mitra BUMDes yang ada di setiap desa itu akan menjadi link and match antara petani, UKM dan perusahaan-perusahaan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *