mitra-bumdes

BULOG Kerjasama Kopelindo Bentuk PT. Mitra BUMDes Nusantara

Posted on

Salah satu usaha untuk menciptakan kemandirian di setiap desa dapat ditempuh dengan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Wujud nyata Perum BULOG untuk mendukung kemandirian desa dengan membentuk anak perusahaan bernama PT Mitra BUMDes Nusantara yang bekerjasama dengan pihak Kopelindo.

PT Mitra BUMDes Nusantara ini akan menjadi induk perusahaan milik desa di seluruh Indonesia. Langkah ini merupakan kerjasama Kementerian BUMN dan Kementerian Desa dan PDTT.

Pembentukan PT Mitra BUMDes Nusantara juga merupakan semangat Perum BULOG dan Kopelindo untuk membangun ekonomi daerah pinggiran maupun desa. Hal ini sejalan dengan visi PT Mitra BUMDes Nusantara dalam mewujudkan pemberdayaan ekonomi pedesaan yang berkeadilan.

Menurut Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjojo, “Kita harapkan dengan adanya pendampingan ini setelah waktu berjalan masyarakat desa akan mampu mengelola desanya masing-masing. Mampu memberikan pendapatan bagi desanya. Mitra BUMDes yang sukses ini nanti kita minta untuk membimbing koperasi-koperasi di desa sehingga koperasi ini juga bisa jalan“.

Dibentuknya PT Mitra BUMDes Nusantara adalah dalam rangka mewujudkan pemberdayaan ekonomi pedesaan yang berkeadilan. Hal tersebut sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa-desa dalam kerangka negara kesatuan.

Hasil kerjasama antara Kemendes PDTT, Kementerian BUMN, dan lembaga terkait dalam pembentukan holding BUMDes tersebut, diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Model kemitraan BUMDes ini diharapkan dalam skala ekonomi Bank BUMN juga termasuk didalamnya, maka Mitra BUMDes yang ada di setiap desa itu akan menjadi link and match antara petani, UKM dan perusahaan-perusahaan besar.

Mitra BUMDes akan memiliki separuh saham BUMDes untuk memastikan dana yang akan disalurkan ke perusahaan desa tetap terawasi. Kerjasama dua kementerian ini ditandatangani pada hari Kamis 27 April 2017 dengan dihadiri 10 Kabupaten sebagai tahap awal kerjasama Mitra BUMDes.

Dengan adanya BUMDes diharapkan akan memberi manfaat bagi petani, diantaranya yakni :

  1. Sebelum petani tanam, maka petani sudah tahu akan dijual kemana
  2. Adanya kepastian harga
  3. Petani lebih mudah mendapatkan bantuan modal dari Bank BUMN
  4. Penyaluran pupuk subsidi akan lebih tepat karena dikelola oleh desa itu sendiri.

Saat ini dari hampir 75.000 desa yang ada di seluruh Indonesia, kurang dari 15.000 desa yang memiliki BUMDes. Dengan pola kerjasama ini diharapkan akan banyak BUMDes yang terbentuk dan memberi dampak aktivitas ekonomi di desa tersebut.

Dengan seperti ini, BUMDes bisa mempercepat setiap desa memiliki sumber utama pendapatan. Sehingga selain dana desa, setiap desa bisa lebih mandiri. Nah pembentukan Mitra BUMDes inilah yang diharapkan akan membantu menumbuhkan entrepreneur di desa. Salah satu produk yang pada intinya membuat cluster ekonomi terintegrasi dari hulu hingga hilir” tutur Menteri Desa.

Pembentukan PT Mitra BUMDes Nusantara merupakan tindak lanjut dari kajian Menteri BUMN dan Mendes PDTT dalam rangka meningkatkan ekonomi pedesaan yang terus berkeadilan. Pembentukan badan usaha dalam bentuk hukum perseroan terbatas didesain sebagai mitra bisnis BUMDes Nusantara, diharapkan dapat meningkatkan badan usaha milik desa di pedesaan.

Diharapkan juga PT Mitra BUMDes Nusantara dapat memiliki keleluasaan menjalin kerjasama dengan mitra bisnis dalam hal pendistribusian maupun keagenan termasuk di dalamnya proses produksi yang akan memberi dampak positif bagi perkembangan desa kedepannya sehingga bisa lebih mandiri.

Terima kasih telah membaca berita BULOG terkini. Berita ini kami sunting dan padu padankan dari berbagai portal berita online salah satunya lewat liputan bisnis CNN Indonesia.

Jika artikel ini bermanfaat, mohon share dengan klik button sosial media Anda dibawah ini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *