kartu keluarga sejahtera

BULOG Kunci Sukses Penyaluran Raskin Lewat Kartu

Posted on

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ichsan Firdaus, mendesak pemerintah untuk melibatkan BULOG dalam program Bantuan Pangan Non Tunai. Hal ini dianggap sangat penting, agar BULOG dapat menjaga ketersediaan pasokan beras di e-warung yang telah disiapkan.

“BULOG harus dilibatkan, sebab sebagai instrumen pemerintah untuk menjaga stok di konsumen,” ungkapnya dalam diskusi bertema ‘Beras Komoditas Strategis, Lagi’, di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9).

Politisi Golkar ini menjelaskan, bila BULOG tidak dilibatkan dalam BPNT, maka pasokan di tiap e-warung tak dapat selalu dijamin ketersediaannya. Jika terjadi kelangkaan, maka masyarakat akan masuk dalam mekanisme pasar. Artinya tidak lagi membeli beras dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Kalau BPNT diterapkan tanpa adanya instrumen pemerintah, maka itu akan diserahkan pada mekanisme pasar. Kalau diserahkan ke mekanisme pasar, maka harga pangan akan bergantung pada pasar,” kata dia.

“Misalnya beras dalam harga BPNT itu Rp 10.000, di pasar sudah Rp 12.000 yang menanggung siapa? Ya penerima BPNT itu,” tambahnya.

Karena itu kehadiran BULOG amat penting sebagai penjamin ketersediaan stok dan juga menjaga stabilitas harga di tiap e-warung.

“Dengan adanya BULOG. Kalau terjadi kelangkaan beras BULOG akan pasokan ke e-warung. Kalau ada kelangkaan beras e-warung cari beras dari mana, dari pasar. Pemerintah harus libatkan BULOG untuk sokong pasokan beras di e-warung itu, karena pemerintah punya instrumen disitu,” pungkasnya.

Sumber berita https://www.merdeka.com/uang/BULOG-kunci-sukses-penyaluran-raskin-lewat-kartu.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *