BULOG Pesimis Capai Target Pengadaan Beras Tahun Ini

beras bulog

Upaya Perum BULOG untuk merealisasikan target pengadaan beras tahun ini sepertinya sulit tercapai. Faktor ketersediaan dan tingginya harga gabah maupun beras menjadi pemicunya.

“Tentu saja kami akan terus berupaya, tapi kalau tidak tercapai ya sudah. Kita juga kejar (beras) komersialnya, tapi kalau tidak ada (gabah atau beras) ya bagaimana?,” ujar Dirut Perum BULOG Djarot Kusumayakti di Jakarta, Jumat (22/9).

BUMN pangan ini pada 2017 menargetkan bisa menyerap gabah petani sebanyak 3,6 juta ton setara beras. Namun hingga Kamis (21/9) lalu, baru terealisasi 1,6 juta ton.

Jumlah tersebut terdiri atas cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 290.000 ton, beras komersial 29.000 ton dan sisanya beras untuk public service obligation (PSO).

Melihat capaian tersebut, Djarot pesimistis hingga akhir tahun bisa mencapai 3,6 juta ton. “2,5 juta ton saja berat,” cetusnya.

Baca juga : Antara HET dan Pengadaan Beras BULOG

Apalagi, terang dia, saat ini sudah memasuki musim gadu di mana seperti tahun-tahun yang lalu, produksi gabah mulai menurun. Indikasi penurunan produksi tersebut terlihat dari turunnya penyerapan harian.

Bila di pekan pertama dan kedua bulan ini, BULOG masih mampu menyerap beras petani rata-rata sebanyak 10.000 ton per hari, mulai pekan ketiga serapan beras BULOG hanya 9.000 ton.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*