kantor-bulog

BULOG Rugi Ratusan Miliar di Kuartal I 2017

Posted on

Berdasarkan laporan kinerja dari Kementerian BUMN di kuartal I 2017 terdapat 26 perusahaan milik negara yang merugi dengan total kerugian sebesar Rp 3,4 triliun dan tak terduga bahwa Perum BULOG merupakan BUMN yang paling besar kerugiannya yang mencapai Rp 913 miliar padahal diperode yang sama tahun lalu BUMN Pangan ini masih untung.

Lantas pertanyaannya kok bisa BUMN yang bergerak dalam bidang pertanian ini bisa menderita kerugian besar hingga miliaran rupiah? Menurut Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro, BULOG rugi karena belum mendistribusikan beras subsidi bagi masyarakat berpendapatan rendah atau saat ini disebut beras Rastra pada tiga bulan pertama tahun ini.

Lebih lanjut lagi dijelaskan oleh Deputi Bidang Usaha Industri Argo‎ dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro, Penyaluran beras Rastra terlambat karena menunggu Surat Keputusan dari Menteri Sosial mengenai data keluarga penerima manfaat (KPM) Rastra tersebut.

Perum BULOG setiap bulannya mendapat penugasan dari pemerintah untuk menyalurkan beras Rastra sebanyak 250 ribu ton, berarti ada sekitar 750 ribu ton beras Rastra yang belum disalurkan untuk tiga bulan pertama 2017 ini. Akibat dari banyaknya beras rastra yang belum disalurkan maka cost/biaya perawatan barang jalan terus karena beras masih tersimpan di gudang-gudang BULOG.

Padahal jika beras Rastra tersebut sesuai rencana penyaluran pada Januari-Maret 2017 ini, maka BULOG sebenarnya untung dengan hasil penjualan beras rastra tersebut yang mencapai sekitar 1 triliun rupiah. Saat ini daftar penerima beras Rastra dari Kementerian Sosial telah diterima dan BULOG lagi gencar-gencarnya menyalurkan beras Rastra tersebut.

Jadi, kerugian BULOG pada Kuartal I 2017 ini bukan karena kinerja perusahaan yang buruk tapi karena adanya keterlambatan penyaluran beras Rastra yang mengakibatkan beban biaya perawatan barang di gudang jalan terus. Memang persoalan Rastra yang belum tersalur hingga bulan April banyak dipertanyakan masyarakat karena tahun lalu penyaluran Rastra padan bulan Januari sudah dilaksanakan.

Tapi tenang saja karena saat ini Perum BULOG lagi merapel pendistribusian beras Rastra tersebut agar bisa sesuai dengan rencana penyaluran dan juga tidak menjadi beban biaya sehingga BULOG bisa kembali membaik kinerjanya di kuartal berikutnya.

Terima kasih telah membaca berita BULOG terkini. Berita tentang kerugian BULOG ini kami sunting dan padu padankan dari berbagai portal berita online salah satunya lewat artikel dari liputan 6.

Jika artikel ini bermanfaat, mohon share dengan klik button sosial media Anda dibawah ini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *