daging sapi beku impor bulog

BULOG Siap Setop Jual Daging Kerbau

Posted on

Kepala Divre Perum BULOG Bengkulu Dedi Sabetra mengatakan pihaknya siap menghentikan penjualan daging beku di Bengkulu.

Jika memang ada surat perintah penyetopan dari pemerintah daerah baik Gubernur serta Bupati dan Walikota. Akan tetapi risikonya, harga daging tentu akan semakin melangit.

Dikatakan Dedi, selama ini Bulog hanya menyalurkan daging kerbau beku ke Rumah Pangan Kita (RPK). Dimana harganya juga tidak lebih dari Rp 80 ribu.

Tujuannya tidak lain untuk membantu masyarakat menengah ke bawah untuk mendapatkan gizi atau protein.

Di Bulog stok daging beku kosong. Dalam seminggu memang selama ini disiapkan 10 ton daging beku, kemudian sebulan itu total sekitar 40 ton.

Itupun bukan disebarkan di Kota Bengkulu saja, tetapi di beberapa daerah. Seperti di wilayah Kaur dan Bengkulu Selatan ada 2 ton, Rejang Lebong 2 ton, Bengkulu Utara 2 ton. Serta di Kota serta Seluma 4 ton.

Diungkapkan Dedi, penyebab tingginya harga daging di pasaran dan sepinya pembeli, karena pedagang menjual sudah jauh diatas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Bahkan penjualan daging di rumah potong hewan sendiri sudah diatas HET yang ditetapkan Kementerian Perindustrian Perdagangan.

Dimana di RPH dijual Rp 115 ribu per kilogramnya. Sehingga pedagang harus menjual Rp 130 ribu per kilogramnya. Padahal HET itu hanya Rp 105 ribu per kilogramnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *