Dilarang Jual Gabah ke Luar Kabupaten, Petani Demo DPRD Pinrang

Posted on

Ratusan petani dari berbagai kelompok tani di Kantor Pinrang melakukan unjuk rasa di kantor DPRD Pinrang, Sulawesi Selatan, Rabu (4/10/2017).

Mereka kecewa karena adanya operasi yang dilakukan Satgas Pangan Pinrang atas larangan menjual gabah keluar dari wilayah Pinrang. Selain itu, petani juga mempertanyakan harga gabah semakin anjlok.

Dalam aksinya, para petani ini bakar ban bekas di depan Pintu Kantor DPRD Pinrang.

Petani di Pinrang merasa rugi dengan adanya operasi tersebut. Unjuk rasa petani ini adalah bentuk kekecewaan petani adanya Operasi Dan Penyitaan Gabah di jual di luar dari Wilayah Pinrang

Para petani pun mendesak DPRD, Pemda Pinrang, serta BULOG untuk menyelesaikan masalah ini.

Para pengujuk rasa diterima Anggota DPRD Pinrang Irwan Hasyim (PKS), M Ramadhani (Partai Demokrat), dan Febrian (Hanura). Selain itu, hadir juga Kapolres Pinrang, AKBP Adhi Purboyo; perwakilan BULOG Pinrang, Arwan Taufik; Kadis Pertanian, A Calo Kerrang; dan Kadis Perindag, Hartono.

BULOG dituding melarang pedagang luar untuk berkompetisi membeli gabah petani di Kabupaten Pinrang. Selain itu, praktik monopoli ini membuat petani tak bisa menjual gabah mereka ke pengusaha lain.

Berita Terkait : Penyerapan Beras di BULOG Pinrang Belum Capai Target, Apa Masalahnya?

Perwakilan BULOG Pinrang, Arwan Taufik, membantah adanya pemaksaan gabah petani harus masuk ke BULOG.

“Kami hanya menghimbau agar gabah dijual di BULOG. Kami hanya mengikuti aturan yang dikeluarkan pemerintah dan saat ini pencapaian BULOG sudah mencapai 61,9 persen,” tuturnya.

Dari hasil pertemuan tersebut, AKBP Adhi Purboyo mengatakan pihak sepakat untuk meghentikan operasi tersebut.

“Kami akan tarik anggota kami dalam operasi ini,” kata Adhy.

Rahman, salah satu petani, mengapresiasi langkah Kapolres Pinrang menghentikan anggota melakukan operasi Gabah tersebut.

“Alhamdulillah, dengan pernyataan Bapak Kapolres Pinrang, kami merasa tidak khawatir lagi. Intinya Pak, petani ingin sejahtera dan mengharapkan tidak ada lagi operasi menahan gabah untuk dijual ke pedagang luar Pinrang,” jelasnya

Sumber berita : http://online24jam.com/2017/10/04/76790/dilarang-jual-gabah-ke-luar-kabupaten-petani-demo-dprd-pinrang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *