stok gula pasir

Gula Tidak SNI Disegel, Dirut BULOG: Pasokan Aman, Ada 400.000 Ton!

Posted on

Ribuan ton gula milik petani di Cirebon telah disegel oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan. Gula ini dinilai tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Menurut Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (BULOG) Djarot Kusumayakti, gula ini sebagian diserap oleh BULOG. Namun, penyegelan ini diharapkan tidak berdampak pada kurangnya stok gula di Indonesia.

“Kalau saya kira itu ada dulu sebagian yang diserap BULOG. Makanya ada gula di BULOG juga dilihat, ada yang belum diserap BULOG,” kata Dirut BULOG Djarot Kusumayakti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Menurut Djarot, penyegelan ini dilakukan dalam rangka menjamin kesehatan masyarakat. Untuk itu, gula ini diamankan oleh pemerintah.

“Tapi bukan disegel, tapi hanya disuruh stop dulu, dari (kementerian) perdagangan akan membawa ke lab untuk menentukan apakah gula ini memenuhi syarat SNI.

Kalau itu nanti ternyata memenuhi tentu oleh Kemendag akan dibuka, kalau tidak memenuhi tentu oleh beliau akan diinstruksikan untuk diolah kembali ke pabrik lain untuk memperbaiki,” ungkapnya.

Baca juga : Rastra Dihapuskan, Waspadai Bertambahnya Penduduk Miskin

Penyegelan ini dipastikan tidak berdampak pada stok gula saat ini. BULOG mencatat stok gula saat ini masih sangat aman untuk mencukupi kebutuhan secara nasional. Saat ini, stok gula yang dimiliki BULOG adalah sebesar 400.000 ton. “Stok BULOG ini ada sekitaran 400.000 ton,” kata Djarot.

BULOG pun berharap tak ada gula rafinasi yang bocor ke pasar. Pasalnya, stok gula saat ini telah mencukupi untuk kebutuhan secara nasional. “Ya harusnya kalau ada stok jangan bocor-bocorin lah, kasihan petani.

Kadang kala saya ingatkan kalau kita untung sedikit melanggar aturan, masih dibocorkan dan sebagainya, lupa harga, petani bisa tertekan ke bawah. Kalau petani sudah susah, ini dia hidupnya normal sekarang saja susah, jangan lah,” ujarnya.

Sumber berita : http://economy.okezone.com/read/2017/08/22/320/1760557/gula-tidak-sni-disegel-dirut-bulog-pasokan-aman-ada-400-000-ton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *