stok gula pasir

Gula Tidak SNI Disegel, Dirut BULOG: Pasokan Aman, Ada 400.000 Ton!

Posted on

Ribuan ton gula milik petani di Cirebon telah disegel oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan. Gula ini dinilai tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Menurut Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (BULOG) Djarot Kusumayakti, gula ini sebagian diserap oleh BULOG. Namun, penyegelan ini diharapkan tidak berdampak pada kurangnya stok gula di Indonesia.

“Kalau saya kira itu ada dulu sebagian yang diserap BULOG. Makanya ada gula di BULOG juga dilihat, ada yang belum diserap BULOG,” kata Dirut BULOG Djarot Kusumayakti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Menurut Djarot, penyegelan ini dilakukan dalam rangka menjamin kesehatan masyarakat. Untuk itu, gula ini diamankan oleh pemerintah.

“Tapi bukan disegel, tapi hanya disuruh stop dulu, dari (kementerian) perdagangan akan membawa ke lab untuk menentukan apakah gula ini memenuhi syarat SNI.

Kalau itu nanti ternyata memenuhi tentu oleh Kemendag akan dibuka, kalau tidak memenuhi tentu oleh beliau akan diinstruksikan untuk diolah kembali ke pabrik lain untuk memperbaiki,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *