stabilisasi harga beras bulog

Hindari Permainan Harga Beras, Mendag Minta BULOG Datangi Pasar

Posted on

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta kepada BULOG untuk intens mendatangi semua pasar dan toko-toko beras. Hal tersebut untuk menstabilkan dan tidak adanya permainan harga beras.

“Sekarang operasi pasar yang kita lakukan meminta BULOG untuk semakin intens di semua pasar dan minta segera masuk ke toko-toko ke outlet, untuk menanyakan beras premium. BULOG akan menyuplai, dan BULOG akan tetap di depan ini dalam rangka stabilisasi harga untuk tidak ada permainan atau gejolak harga,” katanya saat melakukan sidak ke Pasar Kosambi.

Saat melakukan sidak, dirinya mengetahui, harga beras medium yang di jual ke masyarakat mengalami kenaikan. Harga jual beras medium yang di jual ke masyarakat di jual 10 ribu per kilogramnya. Sementara harga jual untuk beras medium di patok di harga 9 ribu per kilogramnya.

Meski mengalami kenaikan, Enggar menyebut kenaikan tersebut, kualitas beras medium yang di jual hampir mendekati kualitas beras premium yang di jual dengan harga 11 ribu per kilogramnya.

“Ke depan kami akan intensifkan dengan satgas pangan mengenai ketersediaan pasokan dan juga mengenai harga yang medium yang premium aman. Sebenarnya medium juga aman, BULOG kita siapkan berapa pun kita gelontorin.” terangnya.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Mendag Minta BULOG Operasi Pasar

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pastikan stok barang kebutuhan pokok jelang hari raya Natal dan tahun baru 2018 dalam keadaan aman. Selain itu, harga juga relatif stabil.

“Mengenai stok dulu, semuanya aman dan jumlah perputaran masih normal,” kata Enggartiasto, saat ditemui di Hotel El Royal, Kota Bandung, Senin.

Dia mengungkapkan, untuk harga daging ayam memang ada sedikit kenaikan. Dari Rp 30.000/ekor menjadi Rp 32.000/ekor Tapi dia mengaku masih mentolerir kenaikan tersebut. Pasalnya beberapa waktu lalu harga daging ayam turunnya terlalu jauh.

“Untuk ayam ada kenaikan sedikit tapi saya masih tolelir. Karena beberapa waktu lalu (daging) ayam turunnya terlalu jauh,” ucapnya.

Demi menjaga kestabilan harga jelang Natal dan tahun baru, pihaknya akan meminta BULOG untuk lebih intens melakukan operasi pasar.

“Sekarang operasi pasar minta BULOG lebih intens lagi,” ujar Mendag.

Dia menegaskan, stok barang dan harga jelang Natal dan tahun baru semua aman. Tidak hanya di Jabar tapi daerah lainnya juga tidak ada gejolak mengenai stok harga dan barang.

“Jelang Natal dan tahun baru aman. Daerah lain juga aman. Komunikasi kita dengan seluruh dinas provinsi di Indonesia posisinya tidak ada gejolak semuanya aman,” tandas Mendag.

Sumber berita : economy.okezone.com & finance.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *