bpnt bulog pkh

Ingin Tepat Sasaran, DPR Minta BULOG Salurkan Ini

Posted on

Penyaluran jenis bantuan yang ditetapkan pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kerap dianggap tidak tepat sasaran.

Hal ini membuat Komisi IV DPR RI mengusulkan agar peranan Perum Bulog (Badan Urusan Logistik) diperkuat, sebagai penyalur yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Hal ini karena, penyalur BPNT kerap menyalurkan bantuan di luar dari ketetapan pemerintah, yaitu beras dan telur.

Mereka kerap memberikan bantuan berupa sabun, minyak sayur dan kebutuhan lainnya. Oleh karenanya, Anggota Komisi IV DPR RI Oo Sutisna berharap, sebaiknya para penyalur atau kios-kios yang ditunjuk oleh Kemensos mengambil bantuan yang diwajibkan pemerintah, berupa beras dan telur dari Perum Bulog.

Selama ini, pemerintah memang membebaskan para penyalur untuk mengambil bantuan dimanapun. Akhirnya, peran Bulog tidak optimal.

“Oleh karena itu, harapan kita sebaiknya, pihak yang memberi bantuan itu mengambil dari kios-kios yang ditunjuk oleh Kemensos. Tapi, karena kita punya BUMN Bulog, sebaiknya mengambil dari Bulog.

Urusan kualitas kan bisa dinegosiasikan, kira-kira seperti itu,” katanya saat mengikuti Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI, sebagaimana dilansir dari laman resmi DPR, Sabtu (14/4/2018).

Menurut politisi Partai Gerindra itu, dirinya bukan tanpa alasan berharap demikian. Dirinya sangat mengharapkan Bulog dapat menyalurkan bantuan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *