Ini Kiat Bulog Cegah Penimbunan Stok Pangan Jelang Ramadan

Posted on

Sekretaris Perum Bulog Siti Kuwaiti mengatakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Dirut Bulog baru yakni Budi Waseso, yakni memanfaatkan oultlet resmi seperti Rumah Pangan Kita, Toko Baitul Pangan hingga bekerjasama dengan Polri dan TNI, dapat ampuh mencegah praktik penimbunan pangan jelang Ramadan.

“Selain itu, seperti tahun-tahun sebelumnya dalam menggelar operasi pasar atau juga program stabilisasi harga pangan, Bulog bekerjasama dengan Polda, Polres dan Polsek,” katanya kepada Bisnis.com, Minggu (6/5/2018).

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor Dwi Andreas Santosa memperkirakan sejumlah komoditas beras, daging ayam hingga telur dan daging sapi tetap aman menjelang Ramadan.

Namun, tetap harus diwaspadai adanya tren kenaikan harga untuk daging ayam dan telur ayam. Sementara daging sapi tetap stabil.

Adapun, kenaikan diperkirakan akan terjadi pada komoditas seperti bawang merah.

Namun dirinya meminta pemerintah tidak perlu terlalu reaktif melihat situasi ini dengan mengintervensi secara berlebihan kepada pelaku usaha yang menyebabkan ketakutan di tingkat pedagang.

“Kenaikan harga bawang merah jangan berlebihan bertindak karena petani sudah merugi tahun lalu sejak November 2017 sampai Januari 2018 karena panen serentak dan menjatuhkan harga. Jadi biarlah mereka menikmati keuntungan sedikit mendekati lebaran ini,” katanya.

Pemerintah dapat melakukan subsidi pangan dengan menggelar operasi pasar atau pasar murah di daerah yang mengalami margin peningkatan harga tinggi. Upaya ini juga dapat dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *