operasi-pasar-bulog

Ini Peran BULOG Dalam Rekomendasi Reformasi Pangan

Posted on

Untuk menjaga ketersediaan pangan dan keterjangkauan harga bagi masyarakat, Bank Indonesia bersama pemerintah pusat dan daerah merumuskan lima rekomendasi reformasi pangan pada rapat koordinasi di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Gubernur Bank Indonesia, rapat koordinasi ini menghasilkan pokok-pokok rekomendasi dan kesepakatan penting yang akan diwujudkan dalam bentuk kebijakan yang konsisten dan bersinergi, yakni :

Pertama, mendorong peningkatan produksi dan pasokan pangan melalui penerapan reforma agraria. Ini sebagai bagian dari kebijakan pemerataan ekonomi melalui pola klastering produksi pertanian.

Kebijakan tersebut perlu didukung dengan pengaturan waktu (timing) produksi beras yang merata sepanjang tahun disertai peningkatan kapasitas dan jumlah penyimpanan beras (silo, gudang) dan penambahan dryer.

Kedua, memperkuat infrastruktur pertanian yang diprioritaskan pada percepatan pembangunan proyek infrastruktur seperti perbaikan irigasi terutama irigasi sekunder dan tersier. Kebijakan ini diintegrasikan dengan upaya pemerintah dalam menambah luas lahan pertanian

Ketiga, mendorong pembiayaan di sektor pertanian melalui perluasan dan peningkatan penyaluran KUR di sektor produksi primer hingga mencapai 40 persen dari total KUR yang disalurkan di 2017.

Optimalisasi penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa untuk pembangunan infrastruktur juga penting dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil pertanian.

Keempat, perbaikan distribusi, logistik dan tata niaga pangan perlu ditingkatkan melalui pembenahan distribusi dan pemasaran yang difokuskan pada penerapan sistem logistik dan distribusi yang terintegrasi. Termasuk koordinasi antardaerah dan pengembangan Toko Tani Indonesia (TTI).

Kelima, membenahi struktur pasar melalui pengaturan pelaku usaha distribusi terdaftar dan monitoring harga sebagaimana yang telah diterapkan di beberapa negara kawasan serta melakukan optimalisasi peran BULOG sebagai lembaga penyangga untuk mendukung stabilisasi harga pangan, serta penyediaan alternatif pasokan komoditas strategis.

Jika artikel ini bermanfaat, mohon share dengan klik button sosial media Anda dibawah ini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *