Mekanisme Baru Pengadaan Cadangan Beras Pemerintah Dikaji

Kepala Bulog Subdivre Surakarta, Titov Agus Sabelia, mengatakan dalam rapat koordinasi terbatas Perum Bulog baru-baru ini memutuskan, bahwa fleksibilitas harga pembelian gabah dan beras diturunkan dari HPP + 20% menjadi HPP + 10% mulai 24 Maret hingga 30 April.

Harga acuan pengadaan gabah/beras dalam negeri yang berlaku saat ini untuk gabah kering panen (GKP) di tingkat petani Rp4.070 per kg dan Rp4.125 per kg di penggilingan.

Kemudian, gabah kering giling (GKG) di penggilingan Rp5.060 per kg. Adapun GKG di gudang Bulog Rp5.115 per kg. Untuk beras medium di gudang Bulog Rp8.030 per kg.

Berdasarkan Inpres No 5 Tahun 2015, HPP gabah Rp3.700 per kg GKP dan Rp3.750 per kg GKP di penggilingan, Rp4.600 per kg GKG di penggilingan, dan Rp4.650 per kg GKG di gudang Bulog, dan beras Rp7.300 per kg.

Joko Nur Riyanto, mitra pengadaan gabah/beras Bulog menanggapi turunnya harga fleksibilitas ini bisa menjadi kendala dalam pengadaan beras.

“Mitra kerja bisa saja menghentikan kontrak pengadaan beras dengan Bulog,” kata Joko.

Sebaliknya, Bulog dengan kebijakan baru ini masih menunggu reaksi di lapangan.

“Bulog Subdivre Surakarta masih menunggu satu minggu pergerakan harga di di lapangan,” jelas Titov.

Dari Bali, meski sudah memasuki panen raya, harga gabah di Kabupaten Tabanan masih bertahan di atas HPP yang ditetapkan Rp3.700 kg, yakni rata-rata harga jual di tingkat petani berkisar Rp4.800 hingga Rp5.000 per kg.

“Pengalaman sebelumnya juga tidak pernah harga gabah di bawah HPP sehingga menguntungkan petani,” ujar Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan Kabupaten Tabanan, I Nengah Mawan.

Sementara itu, di Sumatra Selatan, penyerapan gabah di wilayah Bulog Subdivre Sumsel Babel sangat minim.

Kepala Perum Bulog Divre Sumsel Babel, Bakhtiar AS, mengatakan pihaknya memang tidak terkonsentrasi pada penyerapan gabah.

“Kami lebih mengutamakan penyerapan beras. Dalam satu harinya, gabah yang bisa kita serap sekitar 10 ton-20 ton per unit gudangnya. Penyerapan gabah hanya di empat unit, yakni Telang, Jatimulyo, Kayu Agung, dan Martapura,” ungkapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*