gula pasir bulog

Mendag: Pedagang Wajib Jual Gula BULOG, Jangan Pilih-pilih

Posted on

Perusahaan Umum (Perum) BULOG hari ini menandatangani Nota Kesepahaman dengan Asosiasi Pedagang Gula Indonesia (APGI).

Berdasarkan kesepakatan ini, BULOG wajib menyerap gula petani dengan harga Rp 9.700/kg.  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang hadir dalam acara penandatanganan tersebut mengungkapkan, dengan adanya kesepakatan ini maka pedagang diminta untuk tidak pilih-pilih dalam menjual gula.

Sebab, sebelumnya para petani tebu mengeluhkan gula mereka tidak laku karena para pedagang gula lebih banyak memilih menjual gula yang berasal dari raw sugar.

“Pedagang gula wajib menjual (gula dari BULOG) secara keseluruhan dan tidak boleh pilih-pilih, bagi yang tidak bersedia saya minta Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) batalkan tidak boleh dipasok. Kalau hanya dia memilih itu (gula rafinasi), saya juga pilih untuk tidak mengizinkan,” tegas Enggar saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (2/10).

Dengan adanya penandatanganan Nota Kesepahaman antara BULOG dan APGI ini diharapkan harga gula yang dijual di konsumen tetap mengikuti harga eceran tertinggi (HET) yang telah di tetapkan yaitu Rp 12.500/kg.
Enggar juga meminta agar aturan ini tidak merugikan para pengusaha kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *