kartu sejahtera bpnt bulog

Pemerintah Dinilai Belum Siap Ubah Penyaluran Raskin Lewat Kartu

Posted on

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ichsan Firdaus, meminta pemerintah untuk tak buru-buru mengeksekusi kebijakan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) secara luas. Sebab, menurut dia, butuh kesiapan panjang untuk penerapannya.

“Saya ragu apa pemerintah siap. Karena jalur distribusi harus disiapkan. Misalnya pembentukan e-warung yang ada di seluruh Indonesia, terus infrastruktur EDC apakah pemerintah sudah siap, kemampuan broadband Internet dan sebagainya,” ungkapnya dalam diskusi bertema ‘Beras Jadi Komoditas Strategis, Lagi’, di Gado-gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9).

Dia lebih setuju bila program tersebut diterapkan dulu di beberapa tempat untuk kemudian dievaluasi. Dari sana, diharapkan ditemukan formula yang baik sebelum diberlakukan ke seluruh Indonesia.

“Bertahap saja, saya setuju dengan uji coba di 44 kota dulu, lalu lihat efektivitas kesiapan infrastruktur e-warung nya,” katanya.

Selain infrastruktur, masyarakat harus lebih dulu diberikan pengetahuan seputar BPNT. Mengingat masih cukup banyak masyarakat yang terbiasa dengan bantuan langsung seperti Rastra.

“Masyarakat terbiasa terima Rastra terus ke BPNT dan masyarakat belum siap, pemerintah harus antisipasi itu. Jadi tidak bisa siapkan BPNT tanpa tahu kesiapan apa yang harus dilakukan pemerintah,” pungkasnya.

Sumber berita https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-dinilai-belum-siap-ubah-penyaluran-raskin-jadi-kartu.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *