gula rafinasi bulog

Penunjukkan Swasta Sebagai Penyelenggara Lelang Gula Rafinasi Dikritisi

Posted on

Kalangan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) gencar meminta pemerintah membatalkan penetapan Pasar Komoditas Jakarta sebagai penyelenggara lelang gula rafinasi.

Anggota Komisi VI DPR Abdul Wachid dengan tegas menyatakan keberatannya atas rencana Kementerian Perdagangan menetapkan Pasar Komoditas Jakarta sebagai penyelenggara lelang gula rafinasi untuk kebutuhan 3,5 juta ton per tahun.

“Kita tidak setuju karena perusahaan ini masih baru, belum teruji. Masak lelang besar diserahkan kepada pihak swasta yang belum berpengalaman, ini kan bisa berakibat fatal”

Wachid menyarankan, penyelenggara lelang diserahkan kepada perusahaan BUMN yang sudah teruji menyelenggarakan lelang kebutuhan pangan. Perusahaan tersebut bisa BULOG atau BUMN lainnya.

Baca juga : BULOG Diusulkan jadi Distributor Gula Rafinasi

“Jika diserahkan kepada BUMN negara juga mendapat keuntungan dengan masuknya penerimaan negara bukan pajak. Kalau swasta baru, yang untung ya pemiliknya,” cetusnya.

Anggota Komisi VI Lili Asjudiredja juga menolak keputusan penetapan Pasar Komoditas Jakarta sebagai penyelenggara lelang gula rafinasi 3,5 juta ton untuk kebutuhan industri makanan dan minuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *