Percepat Penyaluran BPNT, Kementerian BUMN Tandatangani Kesepakatan Ini

menteri bumn

Saat ini, tanpa sokongan BUMDes, Kemensos sudah menyalurkan bantuan tersebut kepada 1,28 juta Keluarga Penermia Manfaat (KPM).

“Kedepan, subsidi-subsidi dari pemerintah juga akan disalurkan lewat BUMDes,” kata Eko.

Rini Soemarno mendukung penuh Kemendes-PDTT dan Kemensos dalam menjalankan program kerjasama tersebut.

Ia berharap, bantuan non tunai dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan utama lainnya di luar beras dan telur.

“Dengan mitra BUMDes harapannya daerah di mana ada padi kemungkinan bisa kita langsung adakan penggilingan di sana sekaligus packaging.

Sehingga perputaran uang di sana terus meningkat. Mitra BUMDes nanti juga nanti akan dipikirkan untuk beternak telur, sehingga masyarakat bisa dapatkan telur di sana, tidak dari pusat. Sehingga perputaran uang terjadi di daerah, tidak di pusat,” ujarnya.

Jumlah Penerima Bansos Rastra

Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, BPNT bagian dari program Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) yang tahun ini telah mensasar sebanyak 15,6 juta KPM.

Dari jumlah tersebut, terkonversi sebanyak 1,28 juta menjadi bantuan pangan. Menurut dia, penerima bantuan pangan tersebut pada Januari 2018 mendatang akan bertambah menjadi 10 juta KPM.

“Jadi kalau dulu subsidi, sekarang sudah jadi Bansos. Kalau subsidi penerima bantuan pangan harus membayar Rp 1.600 per kilogram. Untuk 15 kilogram harus membayar Rp24.000.

Tapi tahun depan mereka tidak lagi berkewajiban membayar karena telah menjadi Bansos. Itu yang 5,6 juta. Yang 10 juta terkonversi tahun depan berupa pangan menjadi beras dan telur,” terangnya.

Ia berharap, BUMDes dan Mitra BUMDes yang telah diinisiasi oleh Kemendes-PDTT dan Kementerian BUMN dapat menjadi terobosan dan memaksimalkan program tersebut.

Ia berharap, Kementerian Pertanian dapat membantu memberikan data-data terkait pusat produksi dan penggilingan beras untuk disalurkan sebagai bantuan pangan non tunai.

“Jadi kesepahaman ini bentuk kerja sama kementerian dan lembaga terkait untuk menyukseskan Bansos,” katanya.

Sumber berita http://www.pikiran-rakyat.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*