Stabilisasi Harga Pangan, BULOG Sultra Sinergi BUMN

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka menjaga stabilisasi harga pangan, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sinergitas bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdapat di Sultra.

Hal ini sejalan dengan program Kementerian BUMN yang mewajibkan seluruh BUMN untuk berpartisipasi dalam gerakan stabilisasi harga pangan. Bentuk sinergitasnya, masing-masing BUMN menjual produk melalui operasi pasar.

“Sama dengan pendekatannya operasi pasar Bulog,” jelas Kepala Divre Bulog Sultra La Ode Amijaya Kamaluddin ditemui usai kegiatan coffee morning di salah satu hotel di Kendari, Jumat (6/4/2018).

Untuk langkah awal, ia mencoba menyatukan persepsi dan melakukan sosialisasi, sehingga kemudian program ini dapat berjalan secara masif di seluruh kabupaten dan kota di Sultra. Sebab, pelaksanaannya per 1 April sudah harus terlaksana.

Melalui sinergi ini, BUMN dapat memodifikasi produk baik dalam bentuk paket maupun satuan untuk selanjutnya di jual di pasaran. Maupun menyalurkan ke agen-agen ataupun outlet-outletnya.

“Dan ini tidak terbatas di RPK saja, mitra, tetapi masyarakat juga boleh melakukan pemasaran dilingkungan rumahnya,” tambahnya.

Sekaligus, gerakan ini untuk persiapan menghadapi puasa dan lebaran. Meskipun sebelumnya pihak Bulog pada Januari, Februari, dan Maret telah melakukan operasi pasar dengan menggunakan cadangan beras pemerintah (CBP).

Ia mengharapkan sinergitas ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh BUMN di Sultra pun tampak turut serta berpartisipasi melaksanakan gerakan stabilisasi harga pangan.

Pada berita sebelumnya dikutip dari katadata.co.id bahwa Perum Bulog meluncurkan program Gerakan Stabilisasi Pangan dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran.

Dalam program ini BULOG akan menjual komoditas pangan sesuai harga yang diatur pemerintah.

Program ini dilakukan melalui Rumah Pangan Kita (RPK) serta menggelar Mobile Bazzar (pasar bergerak) ke pasar tradisional dan pemukiman warga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*