BULOG Bangun Pabrik Pengolahan Beras di Food Estate Kalteng

Perum Bulog mulai melakukan persiapan pembangunan unit pengolahan beras di lokasi food estate Kalimantan Tengah untuk membantu penyerapan hasil panen petani. Direktur Utama Bulog, Budi Waseso, memastikan kesiapan Bulog menjadi off taker produksi beras dari food estate Kalteng.

Ia mengatakan, selain akan membangun unit pengolahan beras, Bulog terlebih dahulu melakukan pembebasan lahan guna membangun gudang penyimpanan beras.

“Bulog sudah mempersiapkan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau, dimana ada 48 ribu hektare lahan di daerah tersebut yang telah aktif memproduksi 4 ton setara beras per hektare setiap tahunnya,” kata Budi dalam pernyataan resminya, Selasa (21/7).

Ia pun menargetkan, pembangunan gudang dan rice milling itu segera selesai dan dapat digunakan setidaknya untuk periode musim tanam dan panen Oktober 2020 hingga Maret 2021.

“Dari 165 ribu hektare luas proyek food estate yang direncanakan, ada 48 ribu hektare sawah di Pulang Pisau yang sudah produksi. Artinya produksi akan banyak, belum daerah-daerah lain yang sekarang mulai tanam, artinya akan menjadi sumber swasembada pangan baru di Indonesia,” kata Budi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*