BULOG: Biaya Pembangun Cold Storage Cabai Relatif

cold storage bulog

Perum Bulog menyatakan bahwa biaya pembangunan cold storage cabai masih relatif alias belum tentu mahal. Di samping itu, biaya perawatan cold storage cabai pun dinilai masih dalam level standar.

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal memperkirakan biaya pembangunan cold storage dalam tahapan yang standar.

Menurut dia, biaya perawatan seperti pengeluaran listrik pun tidak terlalu besar. Kendati demikian, untuk komoditas cabai terdapat tantangan harga jual yang belum tentu kompetitif.

“Kalau daging (disimpan di cold storage) begitu dijual kan harganya masih lumayan, nah kalau cabai ini kita belum tahu. Tapi yang pasti ya mungkin (harga jualnya) lebih rendah,” kata Awaludin saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (31/7).

Sejauh ini, dia menjelaskan, belum ada arahan maupun penugasan dari pemerintah kepada Bulog untuk menambah kapasitas cold storage yang ada untuk dialokasikan khusus untuk cabai.

Hanya saja apabila penugasan itu ada, kata dia, Bulog siap untuk merealisasikan pembangunan lemari pendinginnya.

Dia menambahkan, berdasarkan fungsi dasar Bulog sebagai badan usaha berpelat merah di bidang stabilitas pangan, sejauh ini peran Bulog masih di level menjaga stabilitas di komoditas pertanian seperti padi, jagung, dan kedelai.

Ekonom dari Instute for Development of Economics and Finance (Indef) Rusli Abdullah mengatakan, Bulog menjadi lembaga yang paling dimungkinkan memegang alih pembangunan dan perawatan cold storage cabai apabila terealisasi.

Hanya saja, kata dia, pertanyaan mendasar mengenai pembangunan cold storage cabai itu juga harus dipikirkan akan berperan ke sisi bisnis atau semata-mata hanya fasilitas dari pemerintah.

“Jadi ya cold storage ini mau dijadikan bisnis atau fasilitas yang disediakan oleh pemerintah? Kalau sifatnya itu fasilitas pemerintah, idealnya berarti Bulog akan berperan untuk jaga gejolak harga,” kata dia.

Sementara itu menurut Kemenko, Biaya Pembangunan Cold Storage Cabai Mahal.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, rencana pembangunan cold storage cabai belum didetailkan secara serius.

Selain belum ada rencana konkret tersebut, pembangunan cold storagecabai juga sangat mahal.

Deputi Menko Perekonomian bidang Koordinasi Pangan Musdalifah Machmud mengatakan, sejauh ini pemerintah memang belum mendetailkan pembahasan mengenai pembangunan cold storage cabai.

Hanya saja dia mengakui, pemerintah terus mendorong upaya rencana kebijakan tersebut guna menjaga stabilitas cabai dari gejolak harga. Sayangnya, harga pembangunan cold storage cabai masih terbilang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*