BULOG Didorong Miliki Wewenang Sebagai Badan Pangan Nasional

Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo mendesak Pemerintah agar Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum BULOG) dapat ditambahkan wewenangnya sebagai lembaga seperti Badan Pangan Nasional, yang dinilai akan memperkuat tingkat ketahanan pangan dalam negeri.

Untuk itu, tegas Edhy, Komisi IV DPR RI akan terus memperjuangkan agar hal tersebut sampai dilaksanakan oleh Pemerintah, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Demikian disampaikan Edhy saat memimpin peninjauan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR RI ke Gudang Karya Baru Perum BULOG yang didampingi oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Perum Bulog Bagya Mulyanto serta jajaran lembaga terkait lainnya, di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (29/7/2019).

“Sebenarnya kalau memang pemerintah mau serius, yang paling penting adalah amanat Undang-Undang Pangan harus diterapkan.

Jikalau tidak mau menyulap Bulog menjadi operator sekaligus regulator, maka seharusnya pemerintah yang menjadi regulator tetap.

Adapun caranya, bisa dengan cara Bulog sebagai operator yang maju paling depan untuk berkomunikasi dengan pihak swasta dan stakeholder lainnya,” ujar politisi Partai Gerindra ini.

Baca juga : Nah Lho Mubazirkan, BPK Menyoroti Beras Impor Sepanjang 2018

Lebih lanjut Edhy menjelaskan, dirinya mengimbau Pemerintah untuk lebih meningkatkan peran kontrol terhadap komoditas primer di dalam negeri.

Sehingga, sambung Edhy, komoditas primer tidak hanya dikuasai pihak tertentu.

“Komisi IV mendesak Pemerintah untuk lebih aktif meningkatkan peran kontrolnya terhadap komoditas primer. Jangan sampai komoditas primer nasional dikuasai pihak-pihak tertentu,” pesan Edhy.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*