BULOG: Komoditas Pangan dalam Kondisi Aman

stok bulog

Sekretaris Perusahan Umum Badan Urusan Logistik Awaluddin Iqbal menuturkan, Cadangan Beras Pemerintah (CBP) saat ini masih dalam kondisi yang aman dan relatif besar. Itu dikarenakan pada saat ini tengah terjadi musim puncak panen di beberapa wilayah.

“Jadi stok kita kurang lebih 1,4 juta ton saat ini. Pada posisi yang sama kita sedang melakukan penyerapan lagi, karena di seluruh wilayah, sentra produksi di Jawa, Sulawesi, NTT itu sedang panen,” tuturnya saat dihubungi, Selasa (14/4).

Menurutnya berdasarkan mandatori yang diberikan pemerintah kepada Bulog untuk memiliki cadangan dikisaran 1-1,5 juta ton telah terpenuhi saat ini. Bulog juga disebut akan terus melakukan penyerapan, sehingga jumlah CBP kemungkinan bisa lebih banyak.

“Jadi kita tidak berbicara kecukupan. Tapi dengan angka itu, sampai habis lebaran itu masih cukup. Apalagi nanti ada puncak panen, jadi kita masih bisa menyerap dengan jumlah besar,” kata Awaluddin.

Ia menambahkan, meski pandemi covid-19 melanda Indonesia, pendistribusian barang pokok tidak terkendala. Pasalnya dalam pembatasan sosial berskala besar, distribusi logistik utamanya pangan tetap diperbolehkan untuk dilakukan.

Baca juga: Cegah Krisis Pangan, Jokowi Diminta Beli Seluruh Beras Petani

Meski begitu, Awaluddin menuturkan, apabila nantinya ada kendala, Bulog telah menyediakan sarana pemesanan secara daring. Dengan begitu, kerumunan orang dapat dihindari sejalan dengan seruan phsycial distancing untuk mencegah penyebaran covid-19.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*