BULOG Operasi Pasar Lewat Kelurahan hingga Pedagang Grosir

operasi pasar bulog di pedagang grosir

Bulan Ramadhan kali ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena diiringi pandemi virus Corona (COVID-19). Pemerintah pun mengimbau masyarakat tak lagi berkumpul atau menciptakan keramaian untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Untuk itu, Perum Bulog juga mengubah teknis operasi pasar untuk stabilisasi harga pangan yang merupakan agenda rutin di bulan Ramadhan setiap tahunnya. Di Ramadhan kali ini, Bulog tak mengirim timnya langsung ke pasar-pasar.

“Sejak pertengahan Maret prinsipnya kita tidak melakukan operasi pasar yang berpotensi terjadinya pengumpulan massa,” kata Sekretaris Perusahaan Bulog Awaludin Iqbal kepada¬†detikcom, Senin (27/4/2020).

Lantas, bagaimana cara Bulog mencegah kenaikan harga pangan?

Meski tak turun langsung, Bulog tetap mendistribusikan sejumlah komoditas pangan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, dan tepung terigu melalui berbagai pihak ke seluruh wilayah di Indonesia.

“Distribusi komoditi pangan dilakukan melalui saluran pasar yang ada, seperti Aprindo, pedagang grosir, kelurahan, RPK (outlet penjualan pangan pokok milik masyarakat yang dibina oleh Bulog), atau e-commerce,” terang dia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*