Bulog Siapkan 4 Juta Ton Beras untuk Operasi Pasar

beras bulog

Pemerintah melalui Perum Bulog mempersiapkan 4 juta ton beras untuk operasi pasar.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kenaikan harga di pasaran meskipun beberapa daerah tengah mempersiapkan panen raya.

Dirjen Pengadan Perum Bulog, Bachtiar, mengatakan, pihaknya tetap mengantisipasi hal tersebit karena kemungkinan cadangan beras yang akan beredar berlimpah dengan harga yang terus dijaga.

“Saya bertemu dengan kepala daerah, dan beberapa spot di Sumsel sudah siap panen. Ini yang perlu juga diserap dalam waktu dekat,” ujarnya di Palembang, akhir pekan lalu.

Meski demikian, ia mengatakan, pemerintah masih mempersiapkan beras guna operasi pasar dengan jumlah mencapai 4 juta ton. Jumlah ini pun disesuaikan dengan pergerakan harga beras di masyarakat.

Cadangan beras Bulog saat ini, 2 juta ton dengan target penyerapan mencapai 1-1,5 juta ton dan kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia mencapai 2,4 juta ton per bulan.

Dengan kondisi demikian, maka Bulog juga memainkan peranan guna menjaga ketahanan pangan. Cadangan beras beredar mulai dari gudang bulog, cadangan di masyarakat, pasar, penggilingan, dan penjual.

Jumlah cadangan Bulog juga diprediksi akan mencukupi bantuan warga pra sejahtera dalam empat bulan ke depan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*