Bulog Siapkan Jaringan Distribusi Hingga Tingkat RT

budi waseso dirut bulog

Perum Bulog berencana memperluas jaringan hingga tingkat Rukun Tetangga guna memperkuat distribusi dan stabilisasi harga pangan.

Kepala Bulog Budi Waseso mengatakan secara struktur pihaknya tidak memiliki jejaring hingga ke tingkat desa. Sebagai jalan keluarnya pihaknya akan membangun sinergitas jaringan dengan berbagai elemen pimpinan daerah.

“Termasuk dengan gubernur Jabar. Jadi nanti melalui RT/RW kepala desa, kecamatan, hingga provinsi kita punya jejaring untuk pendistribusian bahan pangan. Itu kan untuk kestabilan harga dan ketersediaan pangan,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (13/2/2019).

Dengan langkah ini , pihaknya menyakini distribusi pangan tidak lagi dikuasai oleh ‘kartel’ yang mampu mengendalikan harga pangan.

“Tidak, pangan harus dikendalikan oleh negara. Sehingga kestabilan itu yang menentukan ketersediaan pangan,” ujarnya.

Kerjasama hingga ke level bawah ini juga direncanakan lewat sejumlah program bagaimana Bulog bisa menyerap seluruh hasil panen di daerah, termasuk Jabar.

“Kita juga kerjasama dengan pak gubernur, wali kota, kabupaten, kecamatan, sehingga kita bisa menyerap sebanyak mungkin produk pertanian termasuk padi. Yang nantinya untuk cadangan stok pangan negara,” paparnya.

Buwas panggilan akrabnya berharap dengan cara ini seluruh beras medium, premium bisa diserap semua oleh Bulog. Upaya ini juga menurutnya bisa menghindari ketergantungan dari impor.

“Karena kita daerah produksi pangan, terutama beras. Terutama jawa barat. Jangan sampai kita justru ketergantungan bahan pangan dari negara lain,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*