berita bulog terkini

BULOG Sulutgo Optimalkan Serapan Beras dari Petani Lokal

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum BULOG) Divre Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) terus melakukan optimalisasi penyerapan beras dari petani lokal hingga akhir tahun 2021.

Upaya serapan beras dari petani lokal ini dipilih demi menjaga stabilitas harga serta persediaan stok bahan pokok bagi masyarakat. Selain itu hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani lokal.

Ali Ahmad Najih selaku Kepala Perum BULOG Divre Sulut di Manado, mengungkapkan bahwa pihaknya akan berupaya mengoptimalkan serapan beras dari petani lokal di Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Ia menyampaikan bahwa hingga saat ini pihaknya telah berupaya meningkatkan serapan beras petani lokal baik itu dari Sulut maupun Gorontalo, yang jumlahnya sebanyak 1.643 ton.

Baca Juga :  BULOG Luncurkan "Beras Maleo" Andalan Sulteng

Serapan beras tersebut paling banyak yang berasal dari Gorontalo, yakni Kabupaten Bolaang Mongondouw dan Kabupaten Minahasa.

Ali menyebutkan bahwa Perum BULOG Sulutgo akan terus berupaya mengoptimalkan penyerapan beras ini hingga akhir tahun, apalagi musim panen sudah selesai.

Meski demikian ia berharap masih bisa menyerap persediaan beras dari para petani lokal. Memang, jika dibandingkan dengan target serapan beras setahun, angka yang telah dicapai tersebut masih sangat kecil.

Namun BULOG Sulut berkomitmen akan terus melakukan penyerapan terhadap beras petani lokal, berapapun jumlahnya akan tetap dibeli oleh BULOG.

Pasalnya, Sulut dan Gorontalo diketahui tidak termasuk daerah sentra produksi padi sehingga wajar jika angka serapan tidak akan banyak melampaui target.

Baca Juga :  BULOG Cabang Makassar Akan Siapkan Beras untuk ASN di Kabupaten Gowa

Akan tetapi, BULOG akan terus berupaya menyerap beras dari para petani lokal, untuk tetap memenuhi ketahanan stok. Ali berpendapat bahwa tidak semua kabupaten dan kota di Sulut maupun Gorontalo yang merupakan penghasil beras, sehingga penyerapannya juga tidak akan terlalu banyak.

Untuk saat ini, BULOG Sulutgo tercatat memiliki stok beras di gudang yang diprediksi akan bertahan hingga 10 bulan ke depan, sehingga masyarakat diimbau untuk tidak perlu khawatir.

Sumber : https://manado.antaranews.com/berita/171377/BULOG-sulutgo-optimalkan-serapan-beras-petani-lokal