BULOG Targetkan Harga Gula Tertinggi Rp 13.500 di Papua

gula manis kita
Pekerja gudang BULOG memperlihatkan kemasan gula manis kita/Liputan6.com

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso terus berupaya untuk membuat harga gula pasir di tingkat konsumen turun menjadi sebesar Rp 12.500 per kg. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar penyaluran gula.

Pria yang akrab disapa Buwas ini menyatakan, kegiatan tersebut serentak dilaksanakan di seluruh pasar Indonesia mulai Jumat hari ini hingga Lebaran 2020.

“Saya sudah instruksikan seluruh jajaran Bulog di seluruh Indonesia bahwa kita akan memberikan harga gula senilai Rp 11.000 per kg ke pedagang, kemudian pedagang akan menjual maksimal seharga HET (harga eceran tertinggi) Rp 12.500 per kg ke konsumen,” ungkapnya di Pasar Jatinegara, Jakarta, Jumat (15/5/2020).

Untuk harga gula di tingkat pengecer di wilayah Jakarta dan sekitarnya, ia melanjutkan, itu sebetulnya bisa disalurkan di bawah Rp 11 ribu per kg.

Namun, patokan tersebut ditetapkan untuk pengecer di Jakarta guna menambal ongkos kirim ke wilayah Indonesia timur yang mahal, sehingga harga jual termahal untuk tingkat konsumen di sana hanya di kisaran Rp 13.500 per kg.

“Biaya angkut itu kalau kita dari sini ke Papua Rp 1.000 per kg. Jadi kalau di sini Rp 12.500 per kg, maksimal di Indonesia Timur itu Rp 13.500 per kg,” terang dia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*