Cegah Krisis Pangan, Jokowi Diminta Beli Seluruh Beras Petani

beras

Organisasi Pangan Dunia (FAO) memperkirakan akan terjadi krisis pangan akibat wabah virus corona (Covid-19). Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta melakukan langkah antisipasi dengan membeli seluruh beras petani untuk memenuhi kebutuhan makan penduduk Indonesia.

“Pak Jokowi, tolong negara bisa membeli produk pangan petani dan berikan gratis ke rakyat. Bila negara mampu membeli 1 juta ton gabah petani dengan Rp4.200 per kilogram (kg), anggarannya cukup Rp4,2 triliun,” ungkap Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan, Selasa (14/4).

Imbasnya, kata dia, ini bisa menanggung perut 65 juta rakyat selama sebulan. Apabila negara bisa membeli 3 juta ton gabah petani, maka anggaran 12,6 triliun sanggup menopang beras 195 juta warga selama sebulan.

Baca juga : Bawang Merah Mahal, BULOG Siap Ditugaskan untuk Stabilisasi

Daniel meminta dalam rencana penambahan anggaran 1.000 triliun untuk penaganan Covid-19 bisa dialokasikan untuk program tersebut karena dapat menyelematkan perut dan pangan rakyat.

Program ini akan membuat perputaran ekonomi di desa menjadi bergeliat dan akan menambah semangat petani untuk terus tanam padi.

Menurut dia, saat ini pangan Indonesia rawan karena harga gabah yang merosot tajam, sehingga petani jadi tidak bergairah untuk menanam. Pembelian ini beras bisa ditugaskan ke Bulog, BUMN dan swasta.

1 Comment

  1. Betul segera dilakukan penyerapan gabah beras untuk menjaga krisis pangan daripada impor yg sampai sekarang berasnyaasoh numpuk 🙏🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*