CSIS: Ada BULOG, Kenapa Tetapkan HET Beras!

beras bulog indonesia

Sebagai lembaga yang bertugas sebagai stabilitator pangan, Perum Badan Urusan Logistik (BULOG) memiliki kemampuan untuk melakukan intervensi harga.

Sebenarnya, pemerintah harus memanfaatkan peran BULOG setiap saat terjadi gejolak harga pangan khususnya beras di tengah masyarakat.

Kepala Departemen Ekonomi Center for Strategic and International Studies (CSIS), Jose Rizal Damuri, menyebutkan jika peran BULOG bisa dimaksimalkan, maka pemerintah tidak perlu menerapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) pada beras yang justru memberi dampak negatif ke petani.

“Artinya BULOG kan punya kemampuan intervensi. Nah BULOG cara beli berasnya juga harus diubah,” kata Jose di Kantor CSIS Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Jika sebelumnya, BULOG harus mengajukan kredit ke bank untuk membeli beras, selanjutnya, pemerintah bisa memberikan BULOG anggaran khusus untuk menyerap beras petani.

Jose melanjutkan, cara lainnya adalah dengan menerapkan sistem impor terbatas atau impor dengan tarif tinggi dan bukan sistem kuota. “Menurut WTO kita bisa kok pakai tarif,” ungkapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*