Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan lima distributor menggelar operasi pasar murah di Temberan, Kota Pangkalpinang. Operasi pasar murah ini digelar dengan tujuan untuk membantu para warga memperoleh berbagai kebutuhan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau. Seksi Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Disperindag Provinsi Babel Achmad Fajri menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk membantu warga, terutama pada saat menghadapi hari raya di mana harga beberapa kebutuhan pangan pokok mulai naik. Achmad juga menjelaskan bahwa penyediaan bahan pangan murah melalui operasi pasar murah tersebut dilaksanakan berkat kerja sama antara berbagai pihak yakni Disperindag Babel, Disperindag Kota Pangkalpinang, Bulog dan lima perusahaan distributor di daerah tersebut. Adapun harga yang ditawarkan oleh kelima distributor tersebut lebih murah daripada harga pasar. Selisih antara harga pasar dan harga operasi pasar murah berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000 untuk masing-masing jenis komoditas satuan yang dijual. Rinciannya antara lain minyak goreng Fortune Rp18.000 per liter, beras RM Premium lima kilogram dijual dengan harga Rp53.000, gula pasir PSM Rp12.500 per kg. Sebelumnya, pihak Disperindag Babel telah berkoordinasi atau bermusyawarah dengan para pihak distributor agar mereka bisa menjual harga kebutuhan pokok kepada masyarakat dengan harga yang relatif lebih terjangkau atau lebih murah dibandingkan dengan harga bahan pokok di pasar. Disperindag Babel mengharapkan harga bahan yang dijual dalam operasi tersebut lebih murah. Tujuannya agar dapar membantu masyarakat menengah ke bawah serta menjaga stabilitas harga di masyarakat. Pelaksanaan operasi pasar murah tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan cukup ketat, baik kepada pihak distributor maupun kepada para pembeli demi meminimalisir peluang terjadinya penularan COVID-19 selama kegiatan berlangsung.[] https://babel.antaranews.com/berita/240429/disperindag-bangka-belitung-gelar-pasar-murah-di-pangkalpinang
Pelaksanaan pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel di Kelurahan Temberan, Kota Pangkalpinang. ANTARA/ Donatus Dasapurna

Disperindag Bangka Belitung Gelar Operasi Pasar Murah

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan lima distributor menggelar operasi pasar murah di Temberan, Kota Pangkalpinang. Operasi pasar murah ini digelar dengan tujuan untuk membantu para warga memperoleh berbagai kebutuhan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau.

Seksi Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Disperindag Provinsi Babel Achmad Fajri menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk membantu warga, terutama pada saat menghadapi hari raya di mana harga beberapa kebutuhan pangan pokok mulai naik.

Achmad juga menjelaskan bahwa penyediaan bahan pangan murah melalui operasi pasar murah tersebut dilaksanakan berkat kerja sama antara berbagai pihak yakni Disperindag Babel, Disperindag Kota Pangkalpinang, Bulog dan lima perusahaan distributor di daerah tersebut.

Baca Juga :  Jagung Petani Siap Dibeli BULOG dengan Harga Rp 5.700/Kg

Adapun harga yang ditawarkan oleh kelima distributor tersebut lebih murah daripada harga pasar. Selisih antara harga pasar dan harga operasi pasar murah berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000 untuk masing-masing jenis komoditas satuan yang dijual. Rinciannya antara lain minyak goreng Fortune Rp18.000 per liter, beras RM Premium lima kilogram dijual dengan harga Rp53.000, gula pasir PSM Rp12.500 per kg.

Sebelumnya, pihak Disperindag Babel telah berkoordinasi atau bermusyawarah dengan para pihak distributor agar mereka bisa menjual harga kebutuhan pokok kepada masyarakat dengan harga yang relatif lebih terjangkau atau lebih murah dibandingkan dengan harga bahan pokok di pasar.

Disperindag Babel mengharapkan harga bahan yang dijual dalam operasi tersebut lebih murah. Tujuannya agar dapar membantu masyarakat menengah ke bawah serta menjaga stabilitas harga di masyarakat.

Baca Juga :  BULOG Rejang Lebong: Penyerapan Beras Petani Mencapai 1,623,2 Ton

Pelaksanaan operasi pasar murah tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan cukup ketat, baik kepada pihak distributor maupun kepada para pembeli demi meminimalisir peluang terjadinya penularan COVID-19 selama kegiatan berlangsung.

Sumber : https://babel.antaranews.com/berita/240429/disperindag-bangka-belitung-gelar-pasar-murah-di-pangkalpinang