DPR Minta Kementan dan BULOG Pastikan Distribusi Bahan Pokok Merata ke Seluruh Indonesia

Untuk kebijakan jangka pendek, ia mendorong Kementan, Kementerian Sosial (Kemensos) dan KKP untuk melakukan jaring pengamanan sosial (social safety net). Dengan memanfaatkan anggaran Rp 110 triliun yang disiapkan pemerintah, tiga instansi ini bisa menyalurkannya lewat Bantuan Sosial (Bansos) dan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada para petani dan nelayan prasejahtera.

“Negara harus hadir untuk mereka. Negara juga harus menyiapkan insentif kepada para pekerja informal yang bergerak di bidang pertanian, kelautan dan perikanan, serta kehutanan. Jangan sampai ada PHK besar-besaran kepada pekerja sektor ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Badan Pangan Nasional dan Kebijakan Perberasan

Ia juga menyoroti nasib para petani di NTT yang mengalami gagal tanam. Ansy pun mendesak Pemerintah Pusat agar secepatnya berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk membantu para petani.

“NTT tidak hanya terdampak covid-19, tetapi di sejumlah wilayahnya mengalami gagal tanam. Para petani harus diberikan bantuan agar terhindar dari bencana kelaparan dan jeratan kemiskinan,” katanya tegas.

Sumber : https://www.minews.id/news/dpr-minta-kementan-dan-bulog-pastikan-distribusi-bahan-pokok-merata-ke-seluruh-indonesia

Leave a Comment