Guru Besar Unila: Waspada Risiko Defisit Beras di Musim Panen

beras bulog antara foto

“Jajaki aja dulu. Ngga langsung datang besok kan. Kalau datang beberapa bulan ini, di musim panen¬† ganggu petani dong. Untuk jaga stok akhir tahun,” katanya Wakil Ketua Umum Persatuan Ekonomi Pertanian (Perhepi) itu.

Di sisi lain, Presiden Jokowi pun sudah mengumumkan sejumlah daerah sedang defisit pangan. Diantaranya yang masuk perhitungan adalah beras. “Laporan yang saya terima, untuk stok beras defisit fi 7 provinsi,” katanya akhir April lalu.

Jokowi menekankan kepada jajarannya untuk betul-betul menghitung secara berkala stok komoditas pangan strategis agar tidak terjadi kekurangan stok. Apalagi, di tengah wabah Covid-19.

“Saya ingin dilakukan hitungan yang cepat, assesment yang cepat terhadap kebutuhan bahan pokok setiap daerah, setiap provinsi, agar dihitung mana provinsi yang surplus, mana provinsi yang defisit, berapa produksinya, semuanya harus kita hitung,” katanya.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20200515202103-4-158911/guru-besar-unila-waspada-risiko-defisit-beras-di-musim-panen

1 Comment

  1. Adanya indikasi harga pangan naik saat panen melemahnya daya beli masyaralat terhadap pangan serta distribusi pangan terhambat seharusnya menjadi perhatian penuh pemerintah. Penyaluran bantuan sosial pangan melalui Kemensos dengan berbagai jenis program sudah diterapkan. Pengecualian aktivitas logistik dan dan pangan dalam PSBB juga diterapkan. Namun tiga pilar ketahanan pangan, stabilisasi, keterjangkauan dan ketersediaan relatif belum bisa terpenuhi secara aman. Apalagi perkiraan panen kedua kurang bagus. Sebaiknya harus diantisipasi, fungsi Bulog sebagai instrumen pemerintah penyangga pilar ketahanan pangan wajib dioptimalkan. HPP beras sebagai dasar pengadaan beras pemerintah oleh BULOG harus disempurnakan sampai Bulog optimal memenuhi stock cadangan pangan. Semoga dalam jangka pendek ini pemerintah mengeluarkan kebijakan yang efektif bisa mengantisipasi potensi gangguan ketahanan pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*