Impor Daging Kerbau, BULOG Tunggu Kelonggaran dari Pemerintah India

Perum BULOG hingga kini masih mengalami kendala dalam mengimpor daging kerbau lantaran India masih menerapkan lockdown untuk menekan penyebaran corona.

Perum BULOG tengah menunggu kemungkinan relaksasi dari pemerintah India untuk melaksanakan impor daging Kerbau dari India. Ini lantaran negara importir daging tersebut tengah melakukan karantina atau lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Kalau akan diberi kemudahan, kami menunggu konfirmasi dari industri pengolahan di India. Semoga segera bisa mengirim daging bekunya,” kata Direktur Operasional BULOG Tri Wahyudi Saleh kepada Katadata.co.id, Kamis (23/4).

Baca Juga :  Ekonom Sarankan Subsidi Silang Demi Cuan Holding BUMN Pangan

Pemerintah saat ini tengah berkoordinasi dengan pemerintah India untuk mendapatkan relaksasi pengiriman daging kerbau. Koordinasi dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI dengan Menteri Luar Negeri India.

Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal mengatakan, pihaknya hingga kini belum menerima informasi terkait kemudahan importasi daging kerbau.

“Informasi yang kami terima bahwa supplier sudah diizinkan beroperasi, tapi terkendala logistik pengiriman yang belum normal,” ujar dia.

BULOG saat ini telah melakukan tender dan menentukan supplier. Dengan demikian, importasi dapat segera dilakukan bila proses impor dibuka oleh Negara Bollywood tersebut.

Baca Juga :  Badan Pangan Nasional dan Kebijakan Perberasan

Sebagaimana diketahui, BULOG telah mengajukan izin impor 20 ribu ton daging kerbau ke Kementerian Perdagangan sejak Januari 2020. Keputusan impor ini juga sudah diputuskan dalam rapat koordinasi di tingkat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Leave a Comment