India Lockdown, Bos BULOG Curhat Kesulitan Impor Daging Kerbau

daging kerbau

Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik atau Bulog Budi Waseso melaporkan kendala perseroan untuk melakukan impor daging kerbau dalam rangka menambah pasokan daging menjelang bulan Ramadan.

Pria yang biasa disapa Buwas itu mengatakan impor itu kini sulit dilaksanakan lantaran India sebagai negara pemasok daging kerbau ke Tanah Air, kini sedang lockdown akibat wabah Virus Corona alias Covid-19.

Sebenarnya, kata Buwas, rencana untuk mengimpor daging kerbau telah diajukan sejak Januari lalu. Bahkan perkara impor daging kerbau itu pun sudah dibahas dan diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Namun, izin impor kala itu tak kunjung keluar.

“Izin tersebut baru diberikan ketika telah terjadi wabah Covid-19,” ujar Buwas dalam rapat bersama Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis, 9 April 2020. Pasca terjadinya wabah Corona di seluruh dunia, India pun melakukan lockdown. Imbasnya, impor daging dari sana pun terhambat.

Baca juga : Strategi BULOG Hadapi Kemungkinan Terburuk Penanganan Covid-19

Upaya Buwas mendatangkan daging kerbau tak berhenti di sana. Ia mencoba untuk membeli daging kerbau dari Malaysia, yang juga mengimpor dari India.

“Daging itu stuck di sana tidak bisa digunakan karena di-lockdown,” ujar dia. Malaysia pun, tutur dia, tidak berani mengeluarkan stok itu lantaran ada aturan dari negaranya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*