Ini Cara BULOG Menstabilkan Harga Jelang Ramadan

operasi pasar

Menjelang bulan puasa Ramadan, biasanya harga sejumlah kebutuhan pokok seperti beras dan gula mengalami peningkatan. Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) diberi peran sentral untuk mengerem kenaikan harga yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, dalam meminimalkan potensi inflasi pada bulan puasa dan Lebaran 2017 pihaknya memperkuat peran rumah pangan kita (RPK), yang merupakan outlet ritel yang menyalurkan produk-produk pangan yang dikelola Bulog.

RPK-Bulog-2

Sampai saat ini, Bulog telah mengoperasikan 18.000 titik RPK di seluruh Indonesia, hasil kerja sama dengan masyarakat. Hasil pangan tersebut akan terdistribusi melalui kanal RPK, sehingga harga diharapkan tak melonjak naik ketika Ramadan tiba.

“RPK adalah satu upaya kami yang melibatkan masyarakat atau ekonomi kerakyatan dalam membantu negara menstabilkan harga pangan,” kata Djarot di acara BUMN Marketeers Club, di kantornya, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Dia menjelaskan, RPK di tengah masyarakat bukanlah menjadi pesaing bagi para pedagang komoditas bahan pokok. Hadirnya RPK justru menjadi kontrol dan pengawasan bagi pedagang agar tidak melakukan tindakan yang berpotensi mendongrak kenaikan harga bahan pokok, seperti menimbun barang demi meraih untung besar.

“Masyarakat punya solusi berbelanja dengan harga normal lewat RPK. Sehingga, pihak-pihak yang berniat menimbun bahan pokok agar harganya melonjak, berpikir duka kali,” tuturnya.

Dari sisi pasokan, Bulog telah menyediakan stok pangan jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba, seperti beras, gula, daging, dan minyak. Ia optimistis, kebutuhan masyarakat akan barang tersebut akan tercukupi dengan stok yang ada saat ini. Dengan kata lain, Bulog opimistis tidak melakukan impor saat Ramadan.

Stok beras di Bulog mencapai 2 juta ton. Jumlah itu setara dengan kecukupan kebutuhan beras untuk masyarakat kelas menengah bawah selama delapan bulan ke depan. Sedangkan bagi kelas atas, dianggap cukup untuk 2-3 bulan mendatang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*