Ini Peran BULOG Dalam Rekomendasi Reformasi Pangan

operasi-pasar-bulog

Untuk menjaga ketersediaan pangan dan keterjangkauan harga bagi masyarakat, Bank Indonesia bersama pemerintah pusat dan daerah merumuskan lima rekomendasi reformasi pangan pada rapat koordinasi di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Gubernur Bank Indonesia, rapat koordinasi ini menghasilkan pokok-pokok rekomendasi dan kesepakatan penting yang akan diwujudkan dalam bentuk kebijakan yang konsisten dan bersinergi, yakni :

Pertama, mendorong peningkatan produksi dan pasokan pangan melalui penerapan reforma agraria. Ini sebagai bagian dari kebijakan pemerataan ekonomi melalui pola klastering produksi pertanian.

Kebijakan tersebut perlu didukung dengan pengaturan waktu (timing) produksi beras yang merata sepanjang tahun disertai peningkatan kapasitas dan jumlah penyimpanan beras (silo, gudang) dan penambahan dryer.

Kedua, memperkuat infrastruktur pertanian yang diprioritaskan pada percepatan pembangunan proyek infrastruktur seperti perbaikan irigasi terutama irigasi sekunder dan tersier. Kebijakan ini diintegrasikan dengan upaya pemerintah dalam menambah luas lahan pertanian

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*