jagung

Jagung Petani Siap Dibeli BULOG dengan Harga Rp 5.700/Kg

BULOG Siap membeli jagung petani dengan harga Rp 5.700 per kilogram apabila kriteria jagung petani sudah sesuai dengan kualitas yang diminta oleh BULOG.

Direktur Bisnis Perum BULOG, Febby Novita mengatakan bahwa jagung yang siap dibeli oleh BULOG harus sesuai dengan standar kualitas seperti kadar air, kekeringan jagung, butir rusak dan lainnya.

“Jika kadar air sesuai, butir rusaknya sesuai jumlahnya dan tingkat kekeringan jagung segala macam, kalau semuanya sudah sesuai. Kita akan membelinya Rp5700 per kilogram,” ujar Febby Novita, saat panen dan tanam jagung, di Jati Agung Lampung Selatan, Kamis (18/11/2021).

Jagung yang telah dibeli dari petani akan langsung disalurkan atau dijual ke peternak yang membutuhkan.

Baca Juga :  Realisasi Pengadaan Beras BULOG Sumut Capai 19.502 Ton

“Bulog membeli jagung tinggi dari petani, namun penyaluran ke peternak itu hanya Rp 4.500 per kg. Hal ini karena telah disubsidi oleh pemerintah. Maka ini juga sangat menguntungkan petani dan peternak,” jelasnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa saat ini Perum BULOG mendapatkan penugasan pemerintah untuk membeli jagung petani sebanyak 30.000 ton dan sampai saat ini sudah terealisasi sebanyak 16.500 ton.

Sementara itu, Kepala Perum BULOG Kanwil Lampung, Etik Yulianti mengatakan bahwa penugasan BULOG untuk membeli jagung petani saat ini dikerjasamakan dengan beberapa koperasi.

“Untuk tahap pertama Bulog Lampung akan menyerap 1000 ton jagung dari petani,” kata Etik.

Ia berharap, dengan penyerapan jagung yang dilakukan Bulog maka petani bisa lebih sejahtera.

Baca Juga :  Perum BULOG Gunungsitoli Pastikan Stok Gula Pasir Mencukupi Jelang Nataru

“Hari ini kita juga memberikan bantuan 2 unit penggiling jagung pada gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Jadi Agung Lampung Selatan,” tandasnya.

Sumber : Kupas Tuntas