Jokowi Soroti Defisit Stok Pangan, BULOG akan Impor Gula

gula

Harga gula di dalam negeri susah turun dalam tiga bulan terakhir karena persoalan stok. Presiden   Jokowi sempat menyoroti stok gula pasir diperkirakan defisit di 30 provinsi, hingga beras, bawang putih dan lainnya.

Khusus gula, Perum Bulog akan dimaksimalkan untuk meredam harga dan menjaga stok yang defisit salah satu caranya dengan mengimpor gula sebanyak 21.000 ton.

“Perum Bulog sudah mengontrak sebesar 51.300 ton dan diharapkan dari jumlah tersebut ada yang 21.000 ton adalah impor dan 29.000 dari pabrik gula dalam negeri,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (28/4).

Selain itu, untuk menambah stok, pemerintah terus melakukan pengadaan gula konsumsi dari pengalihan gula rafinasi yang selama ini banyak dipakai oleh industri.

“Kemudian pengalihan gula rafinasi sebanyak 191.762 ton dan ini adalah masalah repackaging dan izin peredaran. Sehingga akan ada 182.762 yang akan masuk ke pasar,” kata Airlangga.

Selain itu, menurut Airlangga ada gula mentah atau raw sugar yang ada di pabrik dan diharapkan ada pengolahan menjadi gula konsumsi sudah sejak Maret sebanyak 42.072 ton.

“Kemudian ada stok di PG BUMN dan swasta sebanyak 47.772 ton. Keseluruhan stok ini, kebutuhan Maret-April adalah 302.000 ton,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*