Kebijakan Baru Mengungkit Penyerapan dari Petani di Karawang

Keputusan pemerintah menjadikan Perum Bulog sebagai pengelola pasokan bahan pangan dalam program bantuan pangan nontunai atau BPNT diyakini makin meningkatkan penyerapan gabah di tingkat petani.

Perum Bulog Subdivisi Regional Karawang siap menyerap gabah petani di Karawang dengan mematok standar mutu.

Keputusan pemerintah diambil dalam rapat koordinasi antara Kementerian Sosial dan Perum Bulog, Kamis (4/7/2019), di Jakarta.

Dalam keputusan itu, Bulog diharapkan dapat menjalankan fungsinya sebagai stabilisator harga, memiliki kanal beras yang dikelolanya, dan perputaran beras lebih terjaga (Kompas, 5/7/2019).

Kepala Perum Bulog Subdivisi Regional Karawang Rusli mengatakan, Bulog tetap akan membeli gabah dari petani mengacu standar yang ditetapkan.

Perum Bulog berharap dapat mengoptimalkan penyerapan gabah atau beras dalam negeri.

Baca juga : BULOG Pede Bisa Capai Target Serapan Beras 1,8 juta ton

Pada musim panen musim lalu, lanjut Rusli, subdivre mampu membeli harga gabah dari petani senilai Rp 4.200 per kilogram. Pada musim panen kemarau ini diprediksi harga beli gabah meningkat menjadi Rp 5.200 per kg.

Hingga saat ini, ada 60.000 ton beras tersimpan di 10 gudang subdivre Karawang. Dari total itu, 13.000 ton berasal dari hasil panenan musim lalu tahun 2019.

Adapun sisa beras dari penyerapan tahun 2018 sebanyak 8.000 ton, seluruh sisanya belum disalurkan.

”Kami tinggal menunggu mekanisme dari pusat, selebihnya kami siap menyalurkan beras-beras ini kepada masyarakat,” kata Rusli.

Menurut Rusli, beras yang tersimpan di gudang Bulog perputarannya harus terjaga.

Artinya, menggunakan prinsip barang yang masuk pertama kali akan dikeluarkan duluan (first in first out).

Jika stok lama menumpuk dan tidak dikeluarkan segera bisa menimbulkan kerugian.

Tingkatkan kualitas

Sebelumnya, Oos Koswara (43), petani di Desa Ciranggon, Kecamatan Majalaya, mengatakan, harga gabah kering panen (GKP) turun dari Rp 5.500 per kg pada akhir Desember 2018 menjadi Rp 3.750 per kg.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*