penyuluh pertanian

Kementan Berupaya Perkuat Balai Penyuluhan Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di seluruh Indonesia, termasuk di antaranya BPP Parigi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Hal ini karena pentingnya peran penyuluh pertanian bagi pembangunan pertanian di Indonesia.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi dalam keterangan tertulisnya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran.

Dedi mengatakan bahwa dirinya merasa senang akan kinerja Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang menunjukkan perhatian tinggi terhadap pertanian, khususnya pada penyuluh pertaniannya. Ia juga mengapresiasi upaya alokasi dana dari APBD untuk kendaraan roda dua dan sebagainya.

Dedi berharap kegiatan pelaksanaan penyuluh pertanian di Kecamatan Parigi dapat menjadi semakin lancar dengan hadirnya BPP. Dengan demikian cita-cita untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas pertanian di Kecamatan Parigi bisa tercapai.

Baca Juga :  Cara BPS Bantu Pemerintah Putuskan Perlu Impor Beras atau Tidak

Ia juga mengimbau agar seluruh pihak secara bersama-sama memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah tersedia untuk tujuan penyelenggaraan penyuluhan pertanian yang lebih baik.

Di sisi lain, Dedi juga meminta kepada para penyuluh agar menjadi penyuluh yang benar-benar memiliki kualitas dan potensi yang baik.

Ia menuturkan bahwa yang diperlukan adalah penyuluh yang mempunyai latar belakang akademik dan juga memiliki kapasitas untuk mendongkrak produktivitas pertanian. Selain itu, juga harus mampu mengimplementasikan inovasi yang sudah banyak saat ini di lahan pertanian masing-masing.

Hal yang tak kalah penting yaitu penyuluh wajib memiliki andrenalin alias daya juang yang tinggi, sebab tantangan yang ada saat ini sangat berat baik tantangan lingkungan, lahan dan iklim juga semakin berat.

Baca Juga :  Herman Khaeron: Sistem Resi Gudang Masih Perlu Dibenahi

Menurut Dedi, penyuluh juga harus dekat dengan petani sehingga pendampingan petani mampu mendongkrak produktivitas para petani.

Terkait gedung BPP yang baru saja diresmikan, Dedi mengharapkan agar gedung tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan dan peningkatan produktivitas pertanian.

Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/618439/34/kementan-perkuat-balai-penyuluhan-pertanian-1638601961?showpage=all