Kepala BKP Kementan Safari Serap Gabah ke Cirebon-Indramayu

Untuk mendorong peningkatan serapan gabah/beras petani (sergap),  Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait.

“Bulog harus terus meningkatkan serapan gabah/beras, mumpung masih ada momen panen di Juli – Agustus,” ujar Kepala BKP, Agung Hendriadi saat memimpin rapat koordinasi sergab yang di gelar paralel di subdivre Cirebon dan subdivre Indramayu, Sabtu (27/7).

Peningkatan sergap menurut Agung sangat penting, karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada kekeringan di sebagian besar wilayah Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, sehingga akan mempengaruhi panen di bulan Oktober – November.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, cadangan beras Bulog harus optimal. Untuk itu serapan gabah juga harus ditingkatkan. Merespon permintaan Agung,  Bulog Subdivre Cirebon dan Indramayu, siap meningkatkan serapan.

“Kami selalu siap meningkatkan serapan gabah/beras” ujar Chrisvon Wakasubdivre Cirebon, dan Dendar, Wakasubdivre Indramayu, menjelaskan.

Gabugan Kelompok Tani (Gapoktan) sebagai Mitra Bulog yang hadir dalam rakor, mengungkapkan kesiapannya untuk terus mendukung pasokan.

“Potensi panen di subdivre Cirebon masih cukup tinggi, namun kendalanya space gudang bulog yang sudah mulai penuh,” ujar Jumair, ketua paguyuban mitra Bulog Cirebon.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*