Masuk Musim Kemarau, Bulog Klaim Stok Beras Cukup Sampai Akhir Tahun

beras bulog

Perum Bulog mengklaim stok beras tetap terjaga sampai akhir tahun meskipun sebagian wilayah di Indonesia saat ini memasuki musim kemarau.

Sekretaris Perusahaan Bulog Awaludin Iqbal mengatakan kecukupan tersebut didasari oleh kondisi cadangan beras pemerintah (CBP) saat ini yang mencapai 2,2 juta ton.

Selain dari stok di gudang, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak lain untuk mengamankan pasokan. “Kami sudah tugaskan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras medium. Jadi sampai akhir tahun stok mencukupi,” kata dia kepada katadata.co.id, Senin (8/7).

Ia pun menjamin, pasokan beras bakal merata di seluruh daerah, termasuk daerah yang mengalami kekeringan. Terlebih lagi, penyaluran beras terbesar dilakukan di Jawa.

Baca juga : BULOG Siap Jadi Penyalur Beras dan Sagu untuk BPNT

Senada, Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin musim kemarau tak mengganggu pasokan beras saat ini. Sebab, luas lahan yang kekeringan pada tahun ini masih dikategorikan kecil.

“Sekarang saja kekeringannya kecil, masa ribut stok beras. Sekarang harga beras murah, (stok) masih aman sekali,” kata Dirjen Tanaman Pangan Kementan Sumarjo Gatot Irianto di kantornya, Jakarta, Senin (8/7).

Untuk mengompensasi lahan sawah yang kekeringan, Kementan akan melakukan penanaman di 670 ribu hektare (ha) sawah untuk menggantikan lahan sawah yang kekeringan seluas 102.746 ha.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*