Memperkuat BULOG

kantor-bulog

Presiden Joko Widodo pernah meminta Perum BULOG untuk serius menjaga harga beras sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga harga pangan. “Angka kemiskinan disebabkan dua hal besar, yakni pelambatan pertumbuhan ekonomi dan harga pangan yang tidak stabil. Harga beras dan harga pangan harus betul-betul menjadi perhatian kita,” kata Presiden (Kompas, 17/3/2016).

Kenaikan harga pangan, seperti beras dan jagung, jelas membebani masyarakat, termasuk petani yang juga bagian dari konsumen. Pada akhirnya, kenaikan harga pangan membuat inflasi menjadi tinggi. Sebagai gambaran, tingkat inflasi Maret 2017 terhadap Maret 2016 sebesar 3,61 persen dan inflasi tahun berjalan, Januari-Maret 2017, sebesar 1,19 persen.

Persoalan harga pangan memang kompleks. Dari sisi produksi, volume produksi harus ditingkatkan melalui produktivitas untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dari sisi rantai pasok dan distribusi, diperlukan upaya serius memangkas mata rantai pasok dan distribusi yang tidak ekonomis.

Namun, satu faktor yang tak kalah penting adalah aspek kelembagaan dan pemerintahan. Apakah sudah ada lembaga pangan nasional yang menangani regulasi? Perum BULOG sebagai BUMN lebih berperan sebagai operator pemerintah yang tunduk kepada kebijakan pemerintah.

Kelembagaan pangan nasional dinilai penting karena kebijakan pemerintah di bidang pangan terkait beberapa kementerian teknis dengan tugas dan fungsi yang berbeda-beda, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN, Kementerian Sosial, termasuk Kementerian Keuangan.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan sebenarnya sudah memerintahkan pembentukan lembaga pemerintah yang menangani masalah pangan. Dalam Pasal 126 disebutkan, pembentukan lembaga pemerintah yang menangani bidang pangan yang berada di bawah presiden dan bertanggung jawab kepada presiden. Lembaga pemerintah itu mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*