Mendag Optimistis Harga Beras Tahun Ini Terkendali

harga beras bulog

Pemerintah optimistis bahwa harga komoditas beras pada tahun ini bakal terkendali karena jumlah ketersediaan stok beras yang diyakini masih memadai serta adanya penambahan dari panen, serta pasokan distribusi yang dinilai lebih lancar.

“Bila suplai ada, distribusi oke, penimbunan tidak berjalan, maka (stabilitas harga) akan teratasi,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, dilansir dari Harian Neraca, Rabu (9/1/2019).

Menurut Enggartiasto, tingkat harga sangat tergantung dengan pasokan dan permintaan, sedangkan pada saat ini selain stok di Bulog masih cukup, sebentar lagi masa panen juga akan tiba.

Sedangkan di sisi pasokan, ujar dia, dengan pembangunan sejumlah infrastruktur seperti beragam ruas tol serta program Tol Laut juga diyakini akan dapat menekan biaya logistik pengiriman komoditas ke depannya.

Mendag juga mengingatkan bahwa dari sisi penegakan hukum juga telah berjalan dengan baik sehingga diharapkan pada masa mendatang tidak ada lagi yang berani untuk menimbun bahan pangan pokok.

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menyatakan, pemerintah perlu mengevaluasi kebijakan penerapan harga pembelian pemerintah (HPP) untuk gabah dan beras karena berpotensi menghambat serapan beras oleh Bulog.

Baca juga : CIPS Menilai HPP Gabah dan Beras Perlu Ditinjau Ulang

“Bulog sebaiknya diberikan keleluasaan untuk menyerap beras dan tidak terpaku pada HPP,” kata Peneliti CIPS Assyifa Szami Ilman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*