OP Beras BULOG DIY Meningkat

berita bulog terkini

Operasi pasar beras yang dilakukan Perum Bulog Divisi Regional Daerah Istimewa Yogyakarta dalam beberapa bulan terakhir cenderung meningkat, kata Kepala Divre Bulog DIY Akhmad Kholisun.

Akhmad di Temanggung, Rabu, mengatakan untuk OP beras di bulan Oktober 2019 Divre DIY masih di bawah 100 ton, tetapi di bulan November 2018 sudah mendekati hampir 200 ton, kemudian di bulan Desember per 10 Desember 2018 sudah di atas 200 ton.

Ia menyampaikan hal tersebut usai sosialisasi mekanisme penyaluran jagung impor dari Bulog kepada puluhan peternak ayam petelur di Kabupaten Temanggung.

Ia menyebutkan stok beras di Divre DIY termasuk di Kedu dan Banyumas sebanyak 41.500 ton. Stok ini disediakan untuk operasi pasar pada bulan Desember, Januari, hingga Februari 2019 kemungkinan permintaan masih tinggi karena belum panen.

“Di bulan Maret 2018 mudah-mudahan sudah panen, mungkin OP tidak terlalu banyak diperlukan. Presentase OP memang meningkat, artinya permintaan untuk OP ini memang naik signifikan,” katanya.

Di samping beras, katanya Bulog DIY juga mempunyai stok gula pasir, di Bulog Kedu memang tidak begitu banyak hanya sekitar 450 ton, tetapi untuk DIY dan Banyumas totalnya ada 6.000 ton.

“Jadi stok gula pasir sangat cukup untuk menghadapi hari besar keagamaan, yakni Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Selain itu, katanya Bulog DIY  juga mempunyai stok minyak goreng, untuk subdivre kedu stok minyak goreng ada 4.500 liter, kemudian juga ada stok daging kerbau.

Menurut dia, Bulog DIY saat ini mempunyai stok daging kerbau 1,9 ton. Peminat daging kerbau tahun 2018 ini ada kenaikan permintan yang signifikan.

Ia mencontohkan pada 2017 permintaan daging kerbau di Yogyakarta kerbau sangat kecil, tetapi permintaan di tahun 2018 cukup tinggi.

“Permintaan daging kerbau tahun 2017 di Yogyakarata di bawah satu ton, tetapi pada 2018 sudah lebih dari dua ton,” katanya.

Ia menuturkan permintaan daging kerbau cukup banyak, baik oleh masyarakat maupun rumah makan.

“Baik rumah makan Jawa maupun rumah makan Padang sekarang sudah banyak yang minta daging kerbau,” katanya.

Sumber: https://jateng.antaranews.com/berita/206592/op-beras-bulog-diy-meningkat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*