Operasi Pasar Untuk Bantu Sesama

Menjelang tutup tahun, kenaikan harga barang kebutuhan pokok semakin terasa. Bagi warga berpenghasilan rendah, kenaikan ini tentu sangat terasa.

Jangankan mereka memikirkan rencana liburan akhir tahun, untuk membeli sembako saja bisa jadi tidak mampu sebanyak ketika harga masih normal.

Oleh karena itu kegiatan operasi pasar bisa dirancang untuk mengatasi masalah ini.

Menurut saya, operasi pasar merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama agar standar kecukupan mereka tidak goyah akibat kenaikan harga kebutuhan pokok.

Selain itu kegiatan ini sangat bisa melibatkan peran swasta murni atau gabungan antara dunia usaha dan pemerintah melalui BUMD, misalnya.

Apa yang kami saksikan beberapa hari lalu sangat membesarkan hati yaitu ketika Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo menggelar pasar murah di Pasar Gede guna mengantisipasi kenaikan harga sejumlah komoditas pokok.

Cukup beragam barang yang ditawarkan dan semuanya mencakup kebutuhan pokok sehari-hari seperti elpiji ukuran tabung 3 kg, daging beku, beras kualitas medium dan premium, gula pasir, minyak goreng dan bawang putih.

Dari segi harga juga menjadi jauh lebih terjangkau yaitu masing-masing Rp75.000 per kg, Rp8.000 per kg, Rp 11.000 per kg, Rp12.000/kg, Rp12.000/liter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*